DPC LWI Kudus Akan Bedah APBD Kudus Tahun 2017

DPC LWI Kudus Akan Bedah APBD Kudus Tahun 2017

Kudus, ISKNEWS.COM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan rencana keuangan tahunan daerah yang dibahas dan disetuji Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2016 menjelaskan APBD memiliki enam fungsi. di antaranya fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi.

Ilustrasi. (ISKNEWS.COM)

Mengingat adanya fungsi tersebut Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Wartawan Indonesia (DPC LWI) Kudus, berencana mengadakan sosialisasi dan bedah dokumen APBD 2017 pada satuan kerja sembilan dinas yang ada di Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Inilah Nama Nama Yang Lolos Seleksi Pegawai BLUD RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus

Ketua DPC LWI Kudus Ahmad Fikri mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk pengawalan dan [engawasan terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang bersih. ”Ini sangat penting karena merupakan bagian dari kontrol agar tidak terjadi penyimpangan,” jelas Fikri, Rabu (01/02/2017).

Dia menambahkan, dalam dokumen APBD memuat begitu banyak program dan kegiatan sehingga harus disisir program per program atau per kegiatan. Oleh karenanya, lanjut Fikri, dalam memberikan bekal teknik pemahaman membaca APBD perlu dilakukan sosialisasi dan bedah APBD 2017.

TRENDING :  Sumiyatun Targetkan Adipura Paripurna Untuk Kudus

Mengenai waktu pelaksaannya, dia menjelaskan masih berkoordinasi dengan pihak terkait. Salah satunya dengan Bupati Kudus Musthofa ataupun sembilan dinas. ”Waktunya fleksibel menyesuaikan waktu dari masing-masing dinas. Akan dibahasa lebih lanjut nanti selanjutnya,” imbuh pria yangmemiliki ciri khas kumis tebal itu.

Sembilan dinas yang dimaksud yakni, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post