DPR RI Sebut Kartu Tani Hanya Untungkan Korporasi

by

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Pemberlakuan Kartu Tani yang salah satu fungsinya untuk membeli pupuk bersubsidi bagi petani, dinilai Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Subagyo sangat tidak efektif. Pasalnya, selain terkendala teknis, juga sangat tidak berpihak kepada petani.

“Menurut saya kartu tani sangat tidak efektif, yang saya khawatirkan, ini untuk menghimpun dana petani itu, berapa triliun (rupiah -red) itu se Jawa Tengah. Saya sudah keliling dan banyak petani yang berkeluh kesah. Jangan paksakan jika petani tidak mau, karena kalau dipaksakan petani yang dirugikan kasihan,” ungkap Firman kepada awak media, Jumat (11/08/2017) petang.

Lanjutnya, mayoritas petani di Jawa Tengah merupakan petani tradisional dan konfensional. Sehingga, dalam bertransaksi menggunakan Elektronik Data Capture (EDC) untuk menggesek kartu debit, akan mengalami kesulitan. Belum lagi, kendala koneksi internet di daerah. Dia sanksi, dengan keberadaan ATM yang masih terbatas dibeberapa daerah, dan dalam mekanismenya apakah ada pegawai bank yang mau keliling dari desa ke desa, ketika petani akan membeli pupuk bersubsidi.

KOMENTAR SEDULUR ISK :