Dua Aduan Diterima Posko Pengaduan THR

oleh
Dua Aduan Diterima Pokso Pengaduan THR
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Posko pengaduan tunjangan hari raya (THR) yang dibentuk oleh Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara sampai Senin (11-6-2018) baru menerima dua aduan dari pekerja. Dua aduan tersebut yakni dari PT.Montaigne di Desa Bawu Kecamatan Batealit dan PT. Teak Home Furniture di Desa/Kecamatan Bangsri. Hal ini disampaikan oleh Kasie Kasie Hubungan Industri dan Syarat Kerja pada Diskopukmnakertrans Jepara Andhika Dananjaya, Senin (11-6-2018).

Menurut Andhika, dari dua aduan itu, satu diantaranya sudah berhasil diselesaikan. Yakni PT. Montaigne. “Hari minggu (10-6-2018) kemarin sudah diselesaikan oleh Bu Muktiati dan Bu Tanti (Pengawas Ketenagakerjaan ) dan THR sudah diberikan sesuai dengan ketentuan,” kata Andhika.

TRENDING :  Atlet Sepaktakraw Jepara Raih Emas di Kejurnas Palu

Sedangkan untuk PT. Teak Home Furniture sampai saat ini sebanyak 91 karyawannya belum menerima THR. Hal ini lantaran pemilik perusahaan yang warga negara India sudah pulang ke negara asalnya. “Sekarang bosnya sudah pulang ke negaranya asalnya India. Untuk penyelesaian masalah ini kita selesaikan setelah lebaran pada saat bosnya sudah kembali ke Indonesia,” jelasnya.

Andhika menambahkan, sejauh ini aduan yang masuk memang masih dari sektor industri mebel sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan untuk sektor lain seperti garmen hingga kini belum ada aduan. Posko pengaduan THR karyawan ini sudah mulai beroperasi sejak awal Ramadhan. Pihaknya mempersilahkan pekerja untuk melapor bila tidak mendapatkan haknya dengan benar.

TRENDING :  Buka Luwur Makam Mantingan, Bupati Jepara Dikawal Puluhan Pendekar

Setelah ada pelaporan dari pekerja, selanjutnya akan dilakukan tinjauan lapangan beserta jajaran pengawas perusahaan. Jika benar terjadi pelanggaran maka tindakkan selanjutnya adalah sesuai dengan urutan dan mekanisme yang ada. “Sanksi itu berupa macam-macam, ada teguran lisan, tertulis, sampai dengan penindakan. Itu memang sudah aturan dari yang ada,” tegasnya

Selain mendirikan posko pengaduan pembayaran THR, Diskopukmnakertrans Jepara juga sudah melakukan pantauan ke sejumlah perusahaan. Dari pantauan yang dilakukan oleh jajaran Pemkab Jepara Rabu (6-6-2018) lalu ke beberapa perusahaan padat karya seperti PT. Hwaseung Indonesia (HWI) dan PT. Parkland World Indonesia THR sudah diberikan sesuai dengan ketentuan yang ada.

TRENDING :  Ribuan Personil Keamanan Siap Amankan Pilbup Jepara

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, aduan yang masuk ke posko THR ini lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Tahun 2016 setidaknya ada empat aduan yang masuk. Sedangkan tahun 2017 setidaknya terdapat sepuluh aduan yang diterima oleh posko baik melalui telp, sms ataupun langsung datang ke posko. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :