Dukuh Masin Desa Kandangmas Simpan Banyak Cerita Dan Sejarah

by

Kudus, isknews.com – Satgas TMMD Reguler Ke-98 Kodim Kudus percaya dan mendukung sepenuhnya kegiatan yang di selenggarakan oleh warga Dukuh Masin, dalam memelihara kearifan budaya lokal di Desa Kandangmas.

Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk membangkitkan moral bangsa, sebagai landasan untuk menumbuh kembangkan kearifan lokal sebagai simbol kebudayaan khas di suatu daerah. Sehingga diharapkan mental generasi penerus bangsa akan senantiasa kuat dalam menghadapi ancaman multi dimensional.

Dukuh Masin, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus adalah salah satu desa yang mempunyai legenda cerita rakyat yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan Islam di Kudus, terutama terkait dengan keberadaan Sunan Muria. Adalah cerita rakyat Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku di Dukuh Masin, Desa Kandangmas, yang hingga kini cerita rakyat Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku menjadi sumber spiritualitas kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat Dukuh Masin, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Menurut Kepala Desa Kandangmas H. Sofwan, sekaligus selaku dewan penasehat pengelola Punden Keramat Dukuh Masin mengatakan “Makam Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku merupakan salah satu peninggalan sejarah daerah yang harus di lestarikan adat istiadatnya sebagai wujud mengenang para leluhur. Selain itu juga kedatangan masyarakat dalam acara Buka Luwur ini supaya mendapatkan barokah,” tuturnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :