Dukung Pariwisata, Pemdes Kecapi Akan Bangun Pasar Wisata

oleh
Foto: Pj Petinggi Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Ahmad Widiyanto (kiri) bersama dengan Kabid Komunikasi Diskominfo Jepara Arif Darmawan. (Zaki/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Desa Kecapi merupakan salah satu desa di Kecamatan Tahunan yang berjarak 6 kilometer dari pusat Kabupaten Jepara ini bakal memiliki daya tarik tersendiri. Dari sekian banyaknya potensi unggulan di desa yang memiliki penduduk sebanyak 14.907 orang ini, salah satunya akan dibangun sebuah rintisan pasar wisata.

Inovasi membangun rintisan pasar wisata dari Pemdes Kecapi tersebut, muncul sepekan usai termotivasi saat kegiatan perdana Tilik Desa Bareng Pak Marzuqi dan Mas Andi. Program baru Pemkab Jepara yang perdana tersebut dilaksanakan di Desa Kecapi, pada Jumat (6-4-2018). Tak menyia-nyiakan waktu, Pemdes Kecapi langsung bermanuver tancap gas dalam menggali, mengembangkan, dan mengangkat potensi-potensi unggulan setempat.

TRENDING :  Panwascam Pecangaan Temukan Ratusan Pemilih TMS

Penjabat (Pj) Petinggi Kecapi Ahmad Widiyanto, saat ditemui diruangan kerjanya, Selasa (10/4) siang, mengatakan rintisan pasar wisata akan dibangun pada lahan Pelem Bogor Dukuh Nganjir, Desa Kecapi atau sekitaran bangunan patung prahu. “Rencananya, sepekan sebelum puasa kita buka pasar itu setiap sore, disana nanti juga akan kita pentaskan tongtek,” ujar Widiyanto.

Dijelaskan, Pasar wisata itu nantinya akan diisi oleh pedagang dari kelompok-kelompok masyarakat Desa Kecapi. Kelompok tersebut sebelumnya telah mendapat bekal pelatihan dan bantuan alat produksi dari dinas-dinas penyelenggara pelatihan. Pj Petinggi menyebut salah satunya yang pernah dilaksanakan, yakni bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara untuk membimbing kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Desa Kecapi. “Juga pada awal Maret sudah mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi, UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskop UKM Nakertrans) Kabupaten Jepara, diberi kegiatan selama tiga hari dan diberi bantuan alat untuk kelompok,” kata Pj Petinggi.

TRENDING :  Hanya Lembaga dan Organisasi Masyarakatan yang Punya legalitas di Kemenkumham Yang Berhak Terima Dana Hibah

Untuk anggaran yang digunakan dalam pembangunan rintisan pasar wisata tersebut, pihaknya bersama warga memiliki inisiatif membangunnya dengan ditopang oleh gotong-royong atau swadaya masyarakat. Menurutnya, pada saat perubahan anggaran di tahun ini, rintisan pasar wisata akan dimasukkan kedalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar dapat meningkatkan perekonomian warga.

TRENDING :  Usai Libur Natal, Samsat Jepara Dipadati Wajib Pajak

Selain pasar wisata, Pemdes Kecapi juga akan mengembangkan potensi unggulan lain. Diantaranya, yakni objek wisata Gua Ramis, dan tak jauh dari situ akan dibuat wahana wisata air pada sebuah kedung. Kemudian wahana pendukung bendungan kalimati, seperti wahana outbound dan warung-warung PKL. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :