Empat Desa di Pati Dapat DD Hingga Rp 1,6 Miliar

oleh
Foto: Bupati Pati Haryanto. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Secara keseluruhan jumlah Dana Desa (DD) naik hingga 48 miliar. Meski demikian sebanyak 121 desa di Pati justru mengalami penurunan alokasi.

Adapun empat desa yang mendapatkan peningkatan alokasi dana desa hingga sebesar 1,6 miliar diantaranya Desa Klakahkasihan Kecamatan Gembong, Desa Pangkalan, Kecamatan Margoyoso, Desa Jambean Kidul Kecamatan Margorejo dan Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo.”

TRENDING :  Binlat Untuk Kader Siaga Trantib Linmas Dan Perangkat Desa Dukuhwaringin

Menurut Bupati Pati Haryanto, kenaikan itu berdasarkan karena perubahan formulasi dalam pembagian dana desa.

“Pembagian alokasi dana desa bukan kewenangan pemerintah daerah namun kewenangan pemerintah pusat. Perubahan itu didasari karena formulasi dana desa,”jelas Haryanto.

Untuk Kabupaten Pati tergolong salah satu kabupaten di eks karesidenan yang mengalami peningkatan dibanding kota lain seperti Kudus, Rembang dan Jepara.

TRENDING :  KPU Pati Sambangi Lorong Indah, Apa yang Dilakukan?

“Faktor yang mempengaruhi kenaikan itu ada banyak. Seperti luas wilayah, jumlah penduduk, hingga indeks kesulitan geografisnya,”terangnya.

Hanya, diakuinya perubahan formulasi itu turut berdampak pula untuk pembagian ke tiap desa. Ada 121 desa di Pati yang mengalami penurunan tapi juga tidak sedikit yang mengalami kenaikan.

TRENDING :  BP3ESDM Wilayah Kendeng Muria Undang Pemegang IUP Dari 4 Kabupaten

“Karena ini kebijakan pusat kami tidak berani menambah atau menurunkan. Apalagi sudah sesuai dengan sistem. Kalau menambah atau menurunkan pasti langsung mental terbentur sistem,”ujarnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :