Enam Barung Wakili Kwarran Kaliwungu Di Pesta Siaga Kabupaten Kudus Pekan Depan

Enam Barung Wakili Kwarran Kaliwungu Di Pesta Siaga Kabupaten Kudus Pekan Depan

Kudus, ISKNEWS.COM – Kwartir Ranting (Kwarran) Kaliwungu telah selesai melaksanakan pesta siaga yang digelar di tiga tempat berbeda, yakni halaman Kantor Kecamatan Kaliwungu, aula UPT Pendidikan Kaliwungu, dan SMA PGRI Kaliwungu, Kamis (16/02/2017).

Ketua Kwarran Kaliwungu Khusaeri saat memberikan hadiah kepada barung terbaik dalam pesta siaga 2017, Kamis (16/02/2017). (ISKNEWS/SHOLIHUL UMAM)

Hasilnya terpilih enam barung yang akan menjadi wakil dalam pelaksanaan pesta siaga Kabupaten Kudus yang akan digelar pada, Sabtu (25/02/2017) pekan depan di SD 2 Undaan Lor. Ke enam barung terpilih yakni MI N Kudus, SD 2 Garung Lor, dan SD 1 Prambatan Lor untuk kelompok putra. Sementara kelompok putri terpilih MI N Kudus, SD 4 Kaliwungu, dan SD 2 Karangampel.

Ketua panitia pesta siaga Saiful Amri mengatakan, ke enam barung tersebut terpilih setelah mampu memperoleh nilai tertinggi dari 11 warung atau kategori yang diperlombakan. Di antaranya ketakwaan kepada Tuhan, toleransi beragama, tanda pengenal gerakan pramuka, ranking 1 siaga gembira A, ranking 1 siaga gembira B, pengamatan dan daya ingat, scouting skills A (tali temali), scouting skills B (kompas), kereta bola basket, bumbung kemanusiaan, dan kebersihan lingkungan.

BACA JUGA :  ​Gus Mus & Cak Nun Jadi Tamu Istimewa Puncak Peringatan 100 Tahun Qudsiyyah

“Yang mendapat piala hari ini ada 12 barung, namun yang diambil hanya 6 barung atau tiga barung terbaik dari masing-masing kelompok putra dan putri,” terangnya saat ditemui isknews.com.

Amri mengungkapkan, semula kegiatan tersebut dorencanakan ditempatkan di Lapangan Kedungdowo, namun karena mempertimbangkan musim hujan akhirnya panitia memutuskan memindahkan ke tiga lokasi itu yang kebetulan berdekatan.

“Biasanya pesta siaga dilaksanakan di Lapangan Kedungdowo, tapi karena tahun ini musim penghujan dikhawatirkan mengganggu jalannya kegiatan akhirnya diputuskan dipindah,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pesta siaga tahun ini diikuti 50 SD/MI se-Kecamatan Kaliwungu dengan masing-masing barung berjumlah 10 anggota pramuka. Setiap SD/MI mengirim dua barung putra dan putri, dengan demikian jumlah peserta yang terlibat pesta siaga tahun 2017 di Kwarran Kaliwungu sekitar seribu anggota pramuka.

BACA JUGA :  Kecamatan Jati Kekurangan 75 guru SD

“Kami berharap dengan diadakannya pesta siaga ini semakin menambah kepercayaan diri anak. Sehingga ketika ada even atau kegiatan mereka berani tampil di depan umum,” pungkasnya. (MK/SLM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post