Enam Paguyuban Punden Ploso Gelar Kirab Budaya

oleh
Pelepasan Kirab Budaya Desa Ploso oleh Camat Jati, Andreas Wahyu, Minggu (30-09-2018). (Nila Niswatul ChusNa/ISKENWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebanyak enam paguyuban punden Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus sore tadi menggelar kegiatan Kirab Budaya, dengan lokasi start di makam Mbah Sapu Lebu, Minggu (30-09-2018).

Adapun enam punden yang ada di Desa Ploso adalah punden Mbah Sapu Lebu, Mbah Joko dan Jasinah, Buyut Pangi, Buyut Seniah, Mbah Maca Bowo dan satu lagi yang ada di SMP Al Ma’ruf Kudus.

Kegiatan kirab budaya yang diprakarsai oleh Paguyuban Sapu Lebu tersebut secara khusus digelar untuk meperingati haul dari Mbah Sapu Lebu yang menjadi salah satu tokoh cikal bakal Desa Ploso. Acara kirab yang dimulai pukul 14.30 WIB itu, diikuti oleh ribuan pelajar dan masyarakat dari desa setempat.

TRENDING :  Warga Desa Tenggeles Ikuti Kirab Seribu Nasi Bungkus

Ratusan pelajar, jamiyah masjid, anggota paguyuban punden dan masyarakat nampak antusias mengikuti kirab budaya ini. Berbagai potensi lokal ditunjukkan, seperti barongan, barongsi, drumband dan rebana. Tanpa lelah mereka mengayunkan langkah hingga menempuh perjalanan sepanjang dua kilometer.

TRENDING :  Kades Bageng Rintis Pasar Sembako Desa

Sugiyanto, Ketua Panitia Sekaligus Ketua Paguyuban Mbah Sapu Lebu menjelaskan bahwa kegiatan kali ini senaja diselenggarakan untuk mengangkat budaya-budaya yang ada di Desa Ploso. Tak hanya itu, kegiatan ini menjadi salah satu wujud kepedulian masyarakat dengan menjaga dan melestarikan budaya yang ada di sekelilingnya.

“Selain itu, kegiatan ini diselenggarakan untuk memeperkuat persatuan dan kesatuan di masyarakat. Kedepannya, kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan berkontribusi meningkatkan perekonomian warga Ploso,” paparnya.

TRENDING :  Kirab Budaya Warnai Hut Ceragem

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Ploso, Bambang G, kegiatan kirab ini diharapkan masyarakat bisa semakin kompak dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.

“Semoga kedepannya acara seperti ini dapat digelar lebih meriah. Kalau bisa setiap punden di Desa Ploso menggelar kegiatan seperti ini,” pungkasnya. (NNC/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :