Era Belanja Online, Konsumen Dihimbau Cerdas dan Jeli

oleh
Era Belanja Online, Konsumen Dihimbau Cerdas dan Jeli ISKNEWS.COM
Foto: Imam Prayitno, Kabid Fasilitasi Perdagangan, Promosi, Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan Kudus saat menjadi narasumber dalam sosialisasi perlindungan konsumen oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah di Hotel Abbas, Rabu (15/8/2018). (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kemunculan internet di era global membawa berbagai kemudahan bagi banyak orang. Mulai dari pencarian informasi, kemudahan berkomunikasi, hingga untuk berbelanja. Banyak kebutuhan sehari-hari yang dapat terpenuhi hanya dengan sekedar mengoperasikan smartphone ataupun laptop.

“Meski begitu, semakin maraknya jual beli online ternyata dapat menimbulkan beberapa masalah. Tak jarang, beberapa Pembeli melakukan kesalahan yang sebenarnya dapat dihindari saat melakukan belanja online,” Hal itu dikatakan Imam Prayitno, Kabid Fasilitasi Perdagangan, Promosi, Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan Kudus yang menjadi narasumber dalam sosialisasi perlindungan konsumen oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah di Hotel Abbas, Rabu (15/8/2018).

Dikatakan Imam, konsumen, terutama pelajar jangan sampai langsung tergiur dengan barang bagus dan murah meriah. “Kewaspadaan harus ada, terlebih dengan dunia maya,” jelasnya.

TRENDING :  Relawan Siaga Bencana Nahdlatul Ulama' Kudus Laksanakan Diklat Sar IV 2017

Ia memberikan tips saat berbelanja online, diantaranya pertama, cermati aturan dan kebijakan situs belanja online, Dimana saat berbelanja di situs jual beli online, pastikan sudah mengenali profil situs tersebut serta membaca kebijakan situs jual beli online yang diterapkan, mulai dari aturan garansi barang hingga pengembalian uang jika barang yang diterima salah, kondisi rusak, atau bahkan tak sampai ke alamat yang dituju.

TRENDING :  Stok Air Menipis Waduk Gunungrowo Hentikan Irigasi

Kedua, Pastikan tempat berbelanja online mempunyai reputasi positif, Setiap toko online biasanya memiliki kolom komentar yang berisi ulasan pelanggan terhadap produk yang mereka beli. Jika menemukan banyak komentar positif, itu menandakan bahwa situs tersebut sudah dipercaya para konsumennya. Begitupun sebaliknya.

TRENDING :  Kuota Terbatas Daftar Tunggu Haji Capai 20 Tahun

Ketiga, pilih yang menawarkan harga jujur, Harga menjadi salah satu penentu utama saat melakukan transaksi online. Karena itu, pastikan situs yang kalian kunjungi memiliki harga pasti, tanpa biaya-biaya yang muncul belakangan dan akhirnya menjadikan total pembayaran berbeda dari yang tertera di awal.

“Pastikan juga tanya-tanya sebelum membeli, bisa melalui costumer langsung, atau teman yang pernah membeli di toko online yang sama,” tandasnya. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :