Faktor Utama Penyebab Terjadinya Banjir Dan Tanah Longsor

oleh


Kerusakan lingkungan yang telah terjadi selama bertahun-tahun tanpa di imbangi dengan adanya perbaikan dan pengelolaan yang memadai ternyata memberikan dampak yang negatif dikemudian hari.

Dampak yang harus dihadapi diantaranya adalah terjadinya bencana alam yang berulang dan tidak dapat ditangani secara cepat dan tepat. Dan bencana alam yang saat ini sedang melanda Indonesia adalah banjir dan tanah longsor.

Definisi dan Penyebab Tanah Longsor

Definisi tanah longsor adalah peristiwa alam yang diawali dengan terjadinya pergerakan/pergeseran tanah dan bebatuan di daerah yang miring seperti di pegunungan dan bukit. Sedangkan penyebab utama dari tanah longsor adalah:

– Letak tanah yang terjal.
– Kondisi tanah yang kurang padat dan bebatuan yang telah tergerus.
– Intensitas hujan yang tinggi.
– Penebangaan pohon yang kemudian dijadikan tambang, sawah dan kebun akan mengakibatkan kualitas dari tanah menjadi turun dan lembek. Sehingga tanah sangat rentan terhadap longsor.
– Terjadinya getaran yang bersumber dari berbagai jenis mesin termasuk kendaraan serta gempa bumi.
– Berkurangnya pohon yang berfungsi untuk mengikat air dan tanah. Wilayah dataran tinggi yang tidak berpohon (gundul) akan mudah longsor dimusim hujan. Keberadaan pohon sangat penting untuk menjaga stabilitas lingkungan yang berada disekitarnya.
– Kebiasaan membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan sampah yang dibuang perlahan terkubur dibawah lapisan tanah dan mengakibatkannya tidak kuat atau rapuh. Sehingga saat intensitas hujan mulai meningkat maka tanah yang rapuh akan mudah longsor. Dan sedikit demi sedikit akan merusak lingkungan disekitar Anda.

TRENDING :  Bedug dalam perspektif Religi

Definisi Banjir dan Jenis-Jenis Banjir

Definisi dari banjir adalah terjadinya peningkatan volume air yang menutupi kawasan tersebut akibat dari intensitas hujan yang tinggi dan kurangnya tingkat peresapan air di dalam tanah.

TRENDING :  Tarif Moda Angkutan Wisata Religi Sunan Kudus

Daerah yang sering terjadi banjir adalalah kawasan yang dialiri oleh aliran sungai. Berikut ini beberapa jenis banjir yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah:

Banjir air

Banjir jenis ini merupakan banjir yang umum terjadi akibat dari meluapnya air sungai, danau, atau selokan, akibat intensitas hujan yang tinggi dan sungai atau danau tidak mampu lagi menampungnya.

Banjir Bandang

Banjir besar yang bukan hanya berupa air namun juga berbagai material air seperti lumpur, batu dan pepohonan yang mampu menghanyutkan apapun karena arusnya yang sangat deras. Sehingga dapat merusak pemukiman dan apa saja yang dilewatinya.

Banjir Rob (laut pasang)

Banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang. Dimana air laut yang sedang pasang ini mendorong air sungai yang sudah banyak, yang pada akhirnya menjebol tanggul atau waduk dan mengakibatkan daratan tergenang.

TRENDING :  Bupati Kudus Beri Motivasi Peserta Diklatpim IV

Banjir Lumpur

Banjir yang diakibatkan oleh terjadinya semburan lumpur dalam jumlah yang sangat besar dan akhirnya menggenangi daratan.

Banjir Lahar Dingin

Banjir ini terjadi saat erupsi pada gunung berapi yang memuntahkan lahar dingin dari puncak gunung dan mengaliri daratan yang ada dibawahnya. Dan mengakibatkan pendangkalan pada sungai yang di laluinya.

Beberapa jenis banjir diatas perlu anda waspadai agar saat tanda-tanda awal bencana yang paling sering menimpa wilayah Indonesia ini anda sudah mengetahuinya terlebih dahulu.

Dan yang paling patut anda lakukan adalah melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya serta menjaga tempat-tempat aliran air tetap bersih dan tidak tersumbat oleh apapun.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda dan dapat menjadi titik awal kesadaran untuk selalu menjaga lingkungan terdekat anda.

Dari : Bpbd Kab Kudus Go

Admin

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Comments are closed.