Fasilitas Keamanan Kebakaran di Gedung Setda Jepara Belum Penuhi Standar

by
gedung Setda Jepara ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Kelengkapan keamanan kebakaran di gedung Setda Jepara dinilai belum memenuhi standar yang ada. Alat pemadam api ringan (Apar) yang menjadi piranti paling sederhana saja masih cukup minim tersedia di gedung tempat Bupati dan Wakil Bupati Jepara bekerja itu. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto usai melakukan simulasi penanganan bencana kebakaran di gedung Setda Jepara, Kamis (26-4-2018).

TRENDING :  HUT Korpri, 60 PNS Terima Satyalancana Karya Satya

Menurut Arwin, selain Apar yang masih belum memenuhi standar, gedung lantai dua itu juga tidak dilengkapi tangga darurat jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Hal ini menurutnya menyulitkan jika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran. “Karena tidak ada tangga darurat, tadi simulasi yang kita lakukan menggunakan tali melalui jendela,” kata Arwin.

Di lingkungan Setda Jepara, lanjut Arwin, juga tidak tersedia hydrant. Jika pun ada di beberapa titik, namun tidak dapat digunakan. Selain kurangnya fasilitas, kata Arwin, pegawai di lingkungan Pemkab Jepara belum siap jika terjadi kebakaran. “Jika tadi memang benar-benar terjadi kebakaran, maka akan ada banyak korban. Sebab, mereka tidak mematuhi petunjuk-petunjuk yang telah ada. Intinya Setda Jepara tidak siap hadapi bencana,” jelasnya.

TRENDING :  Hingga September 2017, Penderita TB di Jepara Tercatat Sebanyak 564 Kasus

KOMENTAR SEDULUR ISK :