Festival Anak Soleh Indonesia Siapkan Generasi Qur’ani Berkarakter

Festival Anak Soleh Indonesia Siapkan Generasi Qur’ani Berkarakter

Kudus, isknews.com – Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kudus melalui Kasi Badko TPQ, Pendidikan Diniyah (PD) dan Pondok Pesantren (Pontren) kembali menggelar Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) tingkat Kabupaten Kudus tahun 2017, yang diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Prambatan Kaliwungu Kudus, Minggu, (12/11/17).

Event tahunan yang diselenggarakan dari Hibah Kabupaten Kudus ini menjadi motivasi bagi peserta didik, “Alhamdulillah penyelenggaraan sejak tahun 2003 sampai sekarang mendapat respon baik dari masyarakat maupun unsur pemerintah,” ujar  H.Muhammad Kafit, M.Pd. Kasi Pendidikan Diniyah Kemenag Kabupaten Kudus.

Terlihat dalam foto salah satu peserta sedang menampilkan kemampuannya dihadapan juri

Sedikitnya 400 peserta dari tingkat TKQ usia dibawah 7 tahun, TPQ usia antara 7 sampai 12 tahun dan TQA usia 12 sampai 14 tahun mengikuti 16 cabang lomba. Diantaranya,Golongan TKQ, Tartil al Quran, Cerdas Cermat al Quran, Adzan dan lqomah, Mewarnai Gambar, Ikrar dan Puitisasi Teriemahan al Quran, Kemudian Golongan TPQ, diantaranya Tartil al Quran, Cerdas Cermat Al Quran, Adzan dan lqomah, Menggambar, lkrar dan Puitisasi Teriemahan Al Quran, Ceramah Bahasa Indonesia dan Golongan TQA, diantaranya canang Tilawah al Quran, Kaligrafi, Tahfidz Juz ‘Amma, Ceramah Bahasa Indonesia dan Kisah Islami.

TRENDING :  Ratusan Botol Miras Di Dawe Diamankan Polisi

Diadakannya kegiatan FASI ini diharapkan dapat menjadi media menanamkan pemahaman Al-Quran dan ajaran Islam yang lebih mendalam bagi anak-anak untuk mewujudkan generasi Qur’ani dan memperkuat tali silaturahmi. Serta dalam upaya  menopang Ukhuwah Islamiyah terutama di kalangan Kemenag Kudus. “Tujuannya lebih mempererat tali silaturahmi. Selain itu menumbuhkan bibit-bibit berprestasi yang berakhlak dan berbudi luhur,” katanya kepada isknews.com

Lomba mewarnai ikut membina karakter dari peserta

Menurut Kepala Kankemenag Kabupaten Kudus, H. Noor Badi, M.M, dalam sambutan pada pembukaan acara, Diharapkan peserta didik dari kecil telah dibiasakan untuk memegang konsen-konsen Alquran, hal itu untuk mewujudkan Kudus khususnya Indonesia pada umumnya yang santri tentram dan damai.

TRENDING :  Pembukaan Darusan Umum Masjid Agung Kudus

Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya menggerakkan pendidikan karakter diantaranya TKQ TPQ TQA. “Pemerintah saat ini sangat konsen untuk pendidikan agama sehingga anggaran terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sambutan Bupati Kudus yang diwakili Kabag Kesra Kabupaten Kudus Drs. Mundir, M.M, mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu pendidikan karakter bagi anak usia dini melalui pendidikan Alqur’an sudah kita akui bersama setelah menjadi pejabat atau dewasa akan menjadi sosok yang amanah serta tetap mempunyai dasar-dasar agama yang kuat.

Dijelaskan, Festival anak soleh tingkat Kabupaten Kudus ini memang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali hanya saja untuk dibawa ke tingkat Provinsi 2 tahun sekali. Oleh karena itu kami harap menjadi maklum adanya perbedaan tidak mengendorkan niat dan semangat bapak ibu pembimbing sekalian, “Lomba ini skala ukurnya tidak ada tergantung dewan juri. Di sini dituntut profesinal dewan juri,” ujarnya.

TRENDING :  Manfaatkan Lahan Bekas Rumah Dinas Guru Untuk Membangun TK

Selain diatas, Hadir dalam acara tersebut, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kudus, Drs. Mundir, M.M, H. Noor Badi, M.M, Kakankemenag RI Kabupaten Kudus, H. Muhammad Hafid, S.Pd. Kasi Pendidikan Diniyah Kemenag RI Kabupaten Kudus, Perwakilan Camat se Kabupaten Kudus, Kapten Inf Yoyok Yusmanto Danramil 09/Kaliwungu, AKP Dwi Jati Usodo, SH Kapolsek Kaliwungu, H. Zaenal Fahmi, S.Ag. Ketua BADKO TPQ Kab Kudus, Guru pendamping TPQ  se-Kabupaten Kudus, Peserta FASI TPQ seKabupaten Kudus. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post