Festival Budaya Apitan Megawon Tampil Meriah dengan Segudang Potensi Lokal

by
ISKNEWS.COM
Ribuan warga yang tumpah ruah dalam festival budaya kirab apitan Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jumat (03-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Festival Budaya Apitan Desa Megawon tahun ini terasa lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Berbagai produk UMKM tumpah ruah dalam Expo Megawon yang menjadi pembuka rangkaian kegiatan Festival Budaya tersebut. Dilanjut dengan serangkaian pentas seni dan budaya khas Megawon.

TRENDING :  15 Agustus Selenggarakan Aneka Lomba,Sepeda Hias dan Mobil Hias

Lalu bernajak ke acara puncak yakni, Kirab Apitan yang berhasil menyedot perhatian ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Acara Kirab Apitan dimulai dari dua titik yang kemudian bertemu di panggung utama kirab, yang terletak di sebelah barat Balai Desa Megawon.

Sesampainya di lokasi, peserta kirab kemudian duduk di sekitar gunungan yang telah disiapkan. Dalam kegiatan ini terdapat enam buah gunungan yang berasal dari masing-masing RW. Sebelum merebutkan gunungan peserta kirab dan penonton dihibur dengan terbang papat dan tari Bon Ya Ho.

TRENDING :  Hari Jadi Kota Kudus : Khotmil Qur’an dan Kenduri 1000 Tumpeng Dibarengkan Peringatan Hari Besar Islam

Tari Bon Ya Ho yang dimainkan oleh anak-anak setempat, berhasil memukau perhatian penonton. Tak sedikit dari penonton yang mengangkat kamera untuk mengabadikan momen tersebut. Tari yang menceritakan ajakan untuk berbuat kebaikan ini, memiliki kilas sejarah yang mendalam bagi masyarakat Megawon.

TRENDING :  Selamat, Inilah Pemenang Lomba Video Pendek Polisi Sahabatku

KOMENTAR SEDULUR ISK :