Festival Singo Barong Nasional III 2015 Semakin Menarik Perhatian Masyarakat

Festival Singo Barong Nasional III 2015 Semakin Menarik Perhatian Masyarakat

 

 

Surakarta,isknews.com – Festival Semarak Singo Barong Nasional III 2015 di Stadion R Maladi  Sriwedari  Jawa Tengah yang dilaksanakan mulai dari tanggal 28 -29 Oktober 2015. Acara ini dibuka dengan penampilan Reog Obyok  Singo Barong dan pembukaan festival oleh Gubernur Jawa Tengah (perwakilan), dilanjutkan pra festival yang diisi  penampilan  sang juara tahun 2014 “Singo Roda Kosti Solo”. (28/10)

Festival Semarak Singo Barong Nasional tahun ini sudah memasuki tahun ke 3 yang diselenggarakan di Kota Solo,  dan pada tahun ini para peserta berkompetisi untuk memperebutkan Piala Gubernur. Festival yang diikuti 50 peserta Festival Semarak Singo Barong Nasional III 2015 ini begitu meriah dan menyedot perhatian  banyak masyarakat,  hal ini dapat dilihat dari penuhnya tribun yang diisi penonton sore kemarin.

TRENDING :  Bioskop Keliling Kudus, Sarana Edukasi Masyarakat Lewat Film Syarat Pesan Moral

Jumlah peserta festival tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 25 peserta. Karena dilihat kesenian Singo Barong begitu menarik dan kesenian ini berasal dari Jawa Tengah dan festival ini digelar  bukan semata – mata untuk berkompetisi memperebutkan hadiah namun festival juga menjadi ajang sillaturrahmi antara pemain Singo Barong Indonesia.

TRENDING :  Catat! Ini Rute Kirab dan "Run Down" Visualisasi Dhandhangan 2017

Singo Barong atau Reog yang ditampilkan peserta tidak hanya penampilan reognya saja, namun ada pemain musik gamelan Jawa, penari yang begitu lincah menarikan tarian sesuai iringan musiknya, dan ada atraksi dari pemain yang ditampilkan. Penampilan dari berbagai daerah ini akan berbeda – beda sesuai ciri khas dan keunikan yang akan ditampilkan dari para pemainnya.

TRENDING :  Warga Dukuh Pedak Klumpit Gebog Nguri-Uri Budaya Apitan, 600 Nasi Kepel Dibagikan

“Singo Barong merupakan kesenian budaya yang berasal dari Jawa Tengah, banyak Negara yang tertarik dengan Singo Barong atau Reog ini, bahkan Negara lain pun pernah mencoba untuk mengakui budaya Indonesia menjadi Budaya mereka, tugas kita sebagai Warga Negara Indonesia harus menjaga dan melestarikan budaya ini” ujar Salah satu peserta Festival Singo Barong.

 

Amalia Zulfana

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post