Film Sosialisasi Cukai Segera Tayang Di Desa Payaman

Film Sosialisasi Cukai Segera Tayang Di Desa Payaman

Kegiatan sosialisasi aturan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) melalui pemutaran film yang digelar Bagian Humas Setda Kudus dari desa-desa, ternyata memang menarik minat banyak orang. Banyak yang menunggu digelarnya pemutaran film ini.

Agenda pemutaran film soal cukai ini, bakal hadir di Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kudus. Kegiatan itu akan digelar di lapangan desa setempat, pada Rabu (10/8/2016) mulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Kudus Putut Winarno mengatakan, dari setiap kegiatan pemutaran film cukai yang digelar di beberapa desa sebelumnya, ternyata banyak yang menanti-nantikan kegiatan tersebut.

”Banyak warga yang bertanya, giliran desa mana yang akan digelar pemutaran film soal cukai. Katanya mereka ingin datang ke sana dan menonton lagi,” jelasnya.

Ada beberapa kalangan yang kemudian memang selalu mengikuti kegiatan pemutaran film yang digelar Bagian Humas ini. Salah satunya adalah para pedagang kaki lima (PKL), yang ternyata selalu saja menyertai kemana saja pemutaran film ini diadakan.

TRENDING :  Seru Pertandingan Antara Tim Desa Ngabul Melawan Desa Ngasem Dalam Turnamen Bola Voli Movoc Cup VIII

”Ini kan, satu hal yang bagus. Artinya, dampak bagus dari sosialisasi ini adalah ikut serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagian warga Kudus, benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan kegiatan sosialisasi film ini dengan baik,” terangnya.

Kegiatan pemutaran film iklan cukai di Kutuk ini, sama dengan kegiatan sebelumnya yang sudah digelar di berbagai desa di Kudus lainnya. Kegiatan yang digelar ini, dengan berlandaskan Peratuan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK 07/2008 tentang Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Sanksi atas Penyalahgunaan Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Peraturan Bupati Kudus Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Kabupaten Kudus.

Selama pemutaran film di beberapa desa sebelumnya, memang disemarakkan dengan para PKL yang ikut menyemarakkan suasana. Mereka seolah menjadi pelengkap, dari kegiatan pemutaran film yang dikemas ala film layar tancap ini. Warga yang datang juga bisa memanfaatkan para pedagang yang ikut serta di dalamnya.

TRENDING :  DHBCT Di Lingkungan Kantor LH Dialokasikan Untuk Uji Kualitas Lingkungan Bagi Kawasan IHT

Winarno mengatakan jika pihaknya sangat mengapresiasi bagaimana warga antusias menyambut kegiatan sosialisasi ini. Apalagi, kegiatan ini dikemas dengan cara menghibur layaknya pemutaran film layar tancap. ”Jarang-jarang ada sekarang ini pertunjukan layar tancap. Sehingga kita sangat senang sekali bisa terjun langsung ke masyarakat, guna memberikan pemahaman akan aturan soal penggunaan dana cukai ini,” paparnya.

Selain itu, tujuan dari sosialisasi ini adalah agar warga bisa paham mengenai aturan penggunaan dana cukai. Dan ini bisa tercapai karena sosialisasi yang dilakukan juga dengan cara yang asyik. Yakni melalui pemutaran film-film yang memang sangat menarik.

”Itu sebabnya, kita putarkan film berbagai penggunaan dana cukai. Biar warga bisa paham, bahwa mereka adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam penggunaan dana cukai yang diterima Pemkab Kudus. Yakni digunakan untuk peningkatan kesejahteraan mereka,” paparnya.

TRENDING :  ​Forum UMKM Didukung Bank BNI 46 

Ada banyak tema yang diperlihatkan dalam film-film garapan Bagian Humas tersebut. Namun intinya adalah bagaimana dana cukai tersebut, bisa digunakan warga untuk meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan mereka.

Bagian Humas Setda Kudus sendiri menjadi salah satu pilar untuk melakukan sosialisasi mengenai aturan pemakaian dana cukai ini. Dan yang terbaru adalah sosialisasi dengan menggunakan metode pemutaran film soal cukai, yang digelar di desa-desa.

Setelah Desa Payaman, kegiatan pemutaran film ini akan digelar juga di Desa Desa Hadipolo (Jekulo) pada 13 Agustus 2016, dan Desa Honggosoco (Jekulo) yang belum ditentukan tanggalnya. (adv)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post