Fosil Temuan Masih Dalam Tahap Rekonstruksi

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Salah seorang warga Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Zaenuri, pada 20 Desember 2017 lalu menemukan fosil gajah dengan jenis Stegodon di Dusun Wanganrejo, Desa/Kecamatan Margorejo, Pati.

“Fosil tersebut sebelumnya, telah menjalani proses pengangkatan dan konservasi atau kebersihan, dan saat ini baru saja selesai menjalani proses rekonstruksi,” jelas Pengelola Museum Purbakala Patiayam Jamin.

“Fosil yang berupa tulang bagian belakang gajah atau pelvis stegodon itu diperkirakan hidup pada zaman Plestosen, Berdasarkan penelitian terhadap fosil dan melihat lapisan tanah, fosil gajah purba tersebut diperkirakan berumur 750 ribu tahun,” katanya.

TRENDING :  Bupati Bagikan Rastra Gratis Bukan Bersubsidi Kepada 35 Ribu KK Pra Sejahtera

Jamin menceritakan kronologi penemuan, Saat itu Zaenuri sedang berburu burung di salah satu lahan warga Kabupaten Pati. Kemudian melihat benda mencurigakan serta terlihat sedikit dari permukaan tanah.

TRENDING :  Warga Tionghoa Ikut Warnai Perkembangan Sejarah Kota Kudus Kudus

Lalu mencoba menggali tanah yang menutupi benda tersebut karena curiga. Setelah tampak seperti fosil, kemudian Ia melaporkan kejadian tersebut ke pihak terkait, dalam hal ini pihak museum.

Proses pengangkatan fosil memakan waktu sampai empat hari. Fosil tersebut memiliki panjang 120 centimeter, dan lebar 112 centimeter. Selanjutnya, fosil diangkut menuju Museum Purbakala Patiayam untuk mendapatkan penanganan dan pemeliharaan yang tepat. “Adapun lokasi penemuan masih satu koordinat dengan fragmen fosil lain, yakni tulang rusuk dan tulang ekor” imbuhnya.

TRENDING :  Situs Patiayam Penemuan Situs Purbakala Pra Sejarah Terlengkap Di Indonesia

Dengan adanya penemuan itu akan menambah daftar fragmen fosil di situs Patiayam. Sebelumnya, pihaknya telah melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Kudus dan Balai Pelestarian Purbakala Sangiran. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :