FPP Undip Latih Peternak Kambing Buat Pakan Ternak Berkualitas Mandiri

by
Penggunaan potensi bahan pakan yang tersedia di lingkungan peternak merupakan kunci utama dalam menyusun formulasi ransum yang ekonomis (Istimewa)

Kudus, isknews.com – Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip (FPP Undip) bersama dengan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus melakukan pelatihan pembuatan makanan konsetrat dan complete feed untuk para peternak yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) wilayah Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Pemkab Pati Beri Bantuan Kambing Ternak Kepada Warga Tidak Mampu

Kebutuhan akan konsumsi protein hewani yang semakin meningkat mengakibatkan permintaan penyediaan bahan pangan sumber protein asal hewan juga meningkat.

Hal ini disadari sepenuhnya oleh para peternak di Kabupaten Kudus. Harga jual ternak, khususnya domba dan kambing juga meningkat. Bahkan permintaan susu kambing sebagai susu kesehatan juga semakin banyak.

Melihat kondisi tersebut digelarlah pelatihan kepada para peternak agar mampu menyediakan pakan yang berkualitas secara mandiri. Sehingga produktivitas ternak lebih baik dengan biaya yang seefisien mungkin.

TRENDING :  Sapi Ongole Milik Sukarno Lau Dawe Peroleh Juara 3 Kontes Sapi Se Jateng

“ Sebelumnya kita sudah melakukan secara teori di aula Dinas Pertanian dan Pangan. Kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan konsentrat dan complete feed ini diutamakan berbahan baku lokal, sehingga biaya yang dibutuhkan menjadi minimal,” ujar Sa’diyah, Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kudus pekan lalu.

TRENDING :  Nelayan Diminta Kawal Janji Calon Bupati
KOMENTAR SEDULUR ISK :