Gagal Ginjal Dan Manfaat Cuci Darah, Hidup Tetap Berkualitas Dengan Hemodialisa

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Ginjal yang bekerja dengan baik berfungsi untuk mencegah timbulnya kelebihan cairan, produk sisa, dan racun-racun dalam tubuh. Ginjal juga membantu mengatur tekanan darah dan kadar kimia serta elektrolit dalam darah, seperti garam dan kalium. Selain itu, ginjal menjadi tempat untuk mengaktifkan vitamin D guna meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

TRENDING :  Metode Flash Cutter Saat Khitan Banyak Diminati

Saat ginjal Anda tidak dapat bekerja dengan baik (akibat penyakit atau trauma), maka dokter yang menangani Anda dapat merekomendasikan suatu prosedur yang dinamakan hemodialisis, alias cuci darah. Cuci darah membantu menggantikan fungsi ginjal agar tubuh dapat tetap memiliki keseimbangan fungsi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa dialisis tidak dapat menyembuhkan penyakit ginjal atau kondisi lain yang mempengaruhi kerja ginjal, oleh karena itu, pengobatan lain tetap diperlukan.

Hal tersebut disampaikan oleh, dr. Bambang Djarwoto, SpPD-KGH Sub Bagian Ginjal dan Hipertensi Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK  UGM FK UGM/RSUP Dr. Sardjito yang menjadi salah satu narasumber pada acara “Seminar Awam Dan Penderita Gagal Ginjal, Hidup Tetap Berkualitas Dengan Hemodialisa,”  yang digelar di RS Aisyiyah Kudus, dalam rangka launching unit Hemodialisa RS Aisyiyah Kudus, Jumat (28/7/17).

TRENDING :  15 Atlit Yunior Wushu Siapkan Perayaan Cap Go Meh

KOMENTAR SEDULUR ISK :