Ganjar : Tumbuhnya Kepercayaan Diri Siswa Akan Tentukan Prestasi Siswa

by

Jepara“Sopo sing cinta kabudayan Jawa? Ayo maju.”

Olivia Indah, siswi SMA Negeri 1 Mlonggo antusias maju menjawab tantangan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, saat menyambangi sekolah tersebut pada program Gubernur Mengajar, Kamis (19/1).

Kabudayan Jawa sing kudu diuri-uri apa contone? Coba crita karo konco-koncomu. Nganggo Basa Jawa lho ya,” tambah orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

TRENDING :  Arist Merdeka Sirait : Generasi Paltinum Berkarakter Adalah Keluarga Yang Peduli dan Solider Pada Orang Lain

“Ada Basa Jawa, ada tembang Pak,” jawab Olivia dengan bahasa Indonesia. Dia mengaku tidak terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa karena kedua orang tuanya membiasakan berbahasa Indonesia ketika berkomunikasi di rumah.

TRENDING :  Workshop Sistem Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Apa sing paling kelingan saka tembang kui? Coba nembango. Coba buktike tresnamu karo kabudayan Jawa,” pinta Ganjar.

“Ada dandang gula, pocung, gambuh, maskumambang, pangkur, wijil. Tapi saya nggak bisa nembangnya Pak,” ujar Olivia malu-malu.

Ganjar pun menunjuk siswi lainnya, Ismiya Nur Atika, untuk nembang. Sembari mengingat syair, Ismiya berani nembang Gambuh di hadapan gubernur, guru, dan kawan-kawannya. Meski ada syair yang keliru, Ganjar mengapresiasi Ismiya yang tampil percaya diri. Menurutnya, generasi muda harus percaya diri karena hal itu adalah kunci kesuksesan.

KOMENTAR SEDULUR ISK :