Gejala Trauma Kimia Pada Mata

oleh -2,398 kali dibaca

Oleh : dr. Djoko Heru Santosa, Sp.M (Dokter Spesialis Mata RS KARTIKA HUSADA KUDUS)

Gejala Trauma Kimia terhadap mata dibedakan menjadi dua yaitu :

Subyektif
Penderita mengeluh adanya bahan kimia asam atau basa yang mengenai mata disertai rasa nyeri sampai tidak bisa membuka mata, berair, kabur, dan silau.

Obyektif
– Visus menurun.
– Kelopak mata bengkak, kadang-kadang ada luka bakar.
– Konjungtiva hyperemia, kemosis, karena bahan kimia basa bisa terjadi iskemia dan nekrosis konjungtiva dan sklera, tergantung berat ringannya keadaan.
– Kornea edema, tes fluorescein (+)/ erosi, sampai kekeruhan kornea yang hebat.
– Trias kornea : blefarospasme, epifora, fotofobia.

Gejala Trauma Basa
TRAUMA BASA ATAU ALKALI
Trauma akibat bahan kimia basa akan memberikan akibat yang sangat gawat pada mata. Alkali akan menembus dengan cepat kornea, bilik mata depan, dan sampai pada jaringan retina. Pada trauma basa akan terjadi penghancuran jaringan kolagen kornea. Bahan kimia alkali bersifat koagulasi sel dan terjadi proses persabunan, disertai dengan dehidrasi. Bahan kaustik soda dapat menembus ke dalam bilik mata depan dalam waktu 7 detik.
Pada trauma alkali akan terbentuk kolagenase yang akan menambah bertambah kerusakan kolagen mata. Alkali yang menembus kedalam bola mata akan merusak retina sehingga akan berakhir dengan kebutaan penderita.

Gejala Trauma Asam
TRAUMA ASAM
Bila bahan asam mengenai mata maka akan segera terjadi pengendapan ataupun penggumpalan bahan protein permukaan. Biasanya akan terjadi kerusakan hanya pada bagian superfisial saja. Bahan asam dengan konsentrasi berat dapat bereaksi seperti terhadap basa.
Bila trauma diakibatkan asam keras maka reaksi sangat mirip dengan trauma basa. Pengobatan dilakukan dengan irigasi jaringan yang terkena secepatnya dan selama mungkin untuk menghilangkan dan melarutkan bahan yang mengakibatkan trauma. Biasanya trauma akibat asam akan normal kembali, sehingga tajam pengelihatan akan normal kembali.

Pada trauma basa kerusakan biasanya lebih berat dari trauma asam. Karena basa mempunyai kemampuan merusak jaringan yang lebih dalam. Kebutaan dapat terjadi bila trauma menyerang kornea dengan derajat kerusakan yang berat. (Adv)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.