Gelar Pentas Seni Budaya Kudus “Pesbuk 467” Semalam Berlangsung Meriah

Gelar Pentas Seni Budaya Kudus “Pesbuk 467” Semalam Berlangsung Meriah

Kudus, isknews.com – Rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Kudus ke 467 berjalan sukses dan meriah, Semalam adalah giliran gelar Pentas Seni Dan Budaya Kudus dalam rangka HUT 467 (Pesbuk 467), Sabtu (24/9). Dimulai pada sekitar pukul 19.30 dalam suasana awan mendung, namun hingga berakhir pada pukul  23.15, karnaval yang berawal di Jalan dr. Ramelan dan finish di SMPN 3 Kudus, secara umum berjalan lancar.

HUT Kudus yang tahun ini mengusung tema  “Kreatif, Inovatif, Religius dan Berprestasi Demi Mewujudkan Masyarakat Kudus Yang Semakin Sejahtera”, memang mengagendakan beberapa kegiatan setelah gelar “Seribu Tumpeng” yang juga sukses dan meriah, semalam Kirab dan Karnaval Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kudus dengan ketua penyelenggara Yuli Kasiyanto juga tak kurang menyedot perhatian para pengunjung masyarakat Kudus.

Dihadiri sekitar 6.000 orang, sebuah panggung kehormatan yang berada di depan air mancur pendopo kabupaten, para kelopok karnaval beratraksi selama kurang lebih tiga menit untuk mementaskan tema yang di usung masing-masing peserta karnaval. Kirab yang menceritakan  visualisasi dan sejarah mulai awal sebelum adanya wilayah Kudus sampai lahirnya Kudus yang tak lepas dari budaya hindu sebelum islam disebarkan oleh sunan Kudus dan Sunan Muria serta perpaduan antara budaya hindu dan islam kala itu.

BACA JUGA :  Jangan Lewatkan, Pertunjukan Musik Sastra & Puisi Diskusi “Ayunan”

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Forkopimda, kepala-kepala SKPD, Sekd, para Asisten Setda, Camat se Kudus, Kepala Desa dan Lurah, Forum Komunikasi Kerukunan Beragama (FKUB) serta masyarakat Kudus.

Kirab diawali moge dan mobil polisi dengan  dengungan suara sirine dari moge yang dikendarai oleh seorang Polwan yang mengendarai motor sambil memberi hormat kearah panggung kehormatan, diikuti oleh barisan Srikandi Srikandi Polres Kudus dengan menampilkan tari merak yang menurut narator melambangkan bahwa pemimpin Kudus adalah seorang yang merakyat. Drum Band dari Undaan, yang kemudian secara berurutan sekitar 30 peserta kirab yang terdiri dari siswa SMP dan SMA se Kudus, serta perwakilan Dinas dan perwakilan perusahaan.

Dalam sambutannya Bupati Kudus, Musthofa, menympaikan, “Acara pesta budaya ini merupakan acara rakyat dan harus dinikmati rakyat dan akan dilaksanakan setahun sekali, saya berharap mayarakat Kudus, bisa terhibur dengan adanya even kirab budaya yang memvisualisasikan kudus mulai dari budaya hindu sampai budaya islam dan akulturasinya sehingga bisa dijadikan sarana memperkuat ciri khas jati diri dari masyarakat Kudus itu sendiri melalui budaya ” katanya.

BACA JUGA :  Sukun Executive Adventure Team (SEAT) Ikuti Event Trabas Nasional Dalam Hari Jadi Kebumen ke - 80

Dalam kesempatan terebut Bupati jug mengundang warga Kudus untuk hadir pada even haari minggu esoknya (hari ini), “ untuk besok siang bagi yang beragama Islam supaya datang untuk menghadiri Indonesia berdzikir yang akan dilaksanakan di Alun Alun Simpang 7 Kudus bersama Ustazd Hariyono. ini merupakan undangan saya untuk masyarakat Kudus”

Atas nama pribadi dan pemerintah Kab Kudus kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak ini merupakan prestasi kita semua dan mayarakat Kab Kudus. “Semoga Kab Kudus ke depan menjadi kota yang lebih baik dan menjadi Kota Kudus menjadi sejahtera dan maju,” pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post