Genap Satu Bulan, Program TMMD Gemiring Lor Rampung

oleh
Genap Satu Bulan, Program TMMD Gemiring Lor Rampung
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Dandim 0719/Jepara Letkol (Czi) Fachrudi Hidayat memimpin upacara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2018, yang berlangsung di lapangan sepak bola, Desa Gemiring lor, Kecamatan Nalumsari, pada Rabu (8-8-2018). Upacara ini dilakukan sebagai bentuk wujud syukur atas suksesnya kegiatan TMMD selama sebulan kemarin.

Program karya bakti TMMD Sengkuyung II tahun ini, telah menyelesaikan sembilan lebih sasaran program kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Kegiatan tersebut selesai tepat waktu hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Dandim 0719/Jepara Letkol Fachrudi menyampaikan, kegiatan TMMD tersebut tidak akan berjalan lancar tanpa adanya bantuan dan campur tangan pemerintah serta masyarakat. “Terimakasih kepada segenap jajaran Pemda, masyarakat serta semua pihak yang terlibat dalam TMMD ini,” ujar Letkol Fachrudi.

TRENDING :  Tingkatkan Kualitas, BAN Jateng Sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF di Kudus

Dengan tema “Manunggal membangun karakter generasi milenial” pihaknya sangat berharap, agar TMMD ke-102 tidak hanya menghasilkan output berupa fisik saja. Namun juga mampu membangun karakter bangsa, khusunya generasi mudanya. “Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, moralitas dan karakter generasi muda juga harus dibangun. Sehingga menjadi pribadi yang kreatif, aktif, inovatif dan berjiwa nasionalis yang kuat,” kata Dandim 0719/Jepara.

Meski hanya menggunakan dana Rp 447,2 juta untuk penyelenggaraannya, prajurit TNI yang tergabung dalam tim satgas TMMD yang berjumlah 40 orang, mampu menyelesaikan banyak pembangunan fisik dan nonfisik di desa tersebut. Terbukti, pada program TMMD kali ini telah memberikan perubahan yang besar bagi masyarakat Desa Gemiring lor, Kecamatan Nalumsari.

TRENDING :  Warga Baturejo Ditemukan Tewas di Ruko Kosong Terminal

Seperti diketahui, pembangunan fisik dimulai dari perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak empat rumah warga miskin. Selain itu pembangunan fisik juga dilakukan pengecoran jalan rabat beton sepanjang 485 meter dan lebar 3 meter, serta pembuatan unit jamban sehat untuk 10 Kepala Keluarga (KK).

Sementara sasaran nonfisik TMMD juga dilakukan mulai dari, meningkatkan semangat gotong-royong dalam membangun desa, meningkatkan kewaspadaan lingkungan melalui kegiatan Pam Swakarsa di desa, dan terciptanya komunikasi timbal balik suprastruktur dan infrastruktur. Kemudian, meningkatnya kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan bela negara, meningkatnya kemanunggalan TNI-Rakyat, serta memperkokoh persatuan dan kesatian bangsa.

TRENDING :  Bersama Baznas, ASN Kemenag Kudus Tunaikan Zakat Senilai Rp806,2 Juta

Apresiasi dan ucapan terimakasih diberikan oleh Pemkab Jepara, yang disampaikan oleh Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi. Pihaknya berharap, hasil positif yang telah dikerjakan melalui program TMMD ini untuk bisa dijaga agar kemanfaatannya bertahan lama. “Apapun yang telah diberikan oleh satgas TMMD, mampu dijaga dan dirawat seutuhnya oleh masyarakat Desa Gemiringlor. Sehingga pembangunan yang dilakukan tidak sia-sia dan hanya bersifat sementara nantinya,” ujar Andi.

Selain upacara, dalam kegiatan penutupan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2018 juga dirangkai dengan berbagai kegaitan, seperti bazar pasar murah, pameran foto, hiburan rakyat, dan dilanjutkan peninjauan terhadap proyek hasil TMMD pada pelaksanaan pekerjaan fisik. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :