Genjot Pariwisata di Pati, Begini Tips Kelola Tempat Wisata ala Wakil Bupati

oleh

PATI, ISKNEWS.COM – Pencanangan Wisata Hiking dukuh Cabean dilaksanakan Sabtu (13/10) oleh Karang Taruna Desa Guyangan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Wakil Bupati Pati Saiful Arifin yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati hadir dalam pencanangan itu, sekaligus berbagi tips untuk kembangkan potensi wisata yang ada di desa.

Safin mengatakan, ketika membuka tempat wisata, jangan hanya fokus pada tempat maupun lokasi wisatanya saja. Namun tempat wisata itu harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) juga.
“Sebagai contoh adalah NTB dan Bali, NTB memiliki keindahan alam yang luar biasa, namun kenapa Bali justru lebih menarik dan terkenal dibanding NTB? Ya ini disebabkan adalah faktor dari sumber daya manusianya,” jelas Safin.

TRENDING :  Ada Apa Dengan Gas LPG 3 kg? Hingga sulit di dapatkan, Dimana peran pemerintah

Dia menambahkan, salah satu faktor yang dapat menarik perhatian wisatawan selain tempat wisatanya ialah sumber daya manusia yang ramah, murah senyum serta sikap maupun perilaku yang mendukung serta pelayanan yang terbaik.
“Nanti kalau wisata hiking ini sudah berjalan, tentunya ada pondok – pondok maupun homestay yang saat ini lagi ngetren. Jadi rumah – rumah penduduk bisa disewa oleh para wisatawan yang datang. Kalau nanti ada homestay, harapannya mampu seperti pelayanan hotel. Jika diperlukan, nanti diadakan pelatihan terkait pelayanan ini, sampaikan kepada saya, masalah biaya gratis,” tegas Safin.

TRENDING :  Kisah Awal Mula Desa Rendeng

Hal ini bertujuan, agar tempat wisata yang sudah berjalan serta didukung dengan adanya homestay berkualitas, menciptakan keuntungan baik untuk masyarakat sekitar, maupun masyarakat Pati pada umumnya. Misal homestay ini disewakan, dalam 3 hari dengan biaya Rp 500.000, itu merupakan suatu keuntungan yang lumayan.

“Desa yang kreatif, tentunya dapat memberikan dampak yang positif bagi desa – desa yang lain pula. Apalagi kita dikaruniai alam yang begitu indah, termasuk dukuh Cabean Desa Guyangan Winong ini, ditambah masih banyak beberapa titik yang terlihat hijau dan subur tentunya ini adalah nilai plus,” ujar Safin optimis.

TRENDING :  Ciptakan Sinergitas, Kementrian Keuangan Gelar Desiminasi Dana Desa Di Rembang

Selalu Wakil Bupati sekaligus Ketua Karang Taruna, ia sangat mendukung hal – hal semacam ini, apalagi jika dapat memberikan dampat positif kepada masyarakat Pati.
“Hal seperti ini mari kita promosikan, walaupun secara nasional belum bisa bersaing, namun di lokal saya sangat yakin kita dapat unggul. Saya harap pihak desa dapat mendukung penuh hal – hal semacam ini, khususnya bagi para pemuda yang mengelolanya. Semoga tempat wisata ini dapat memberikan dampak positif dan kemanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya. (WR/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :