Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Perlu Partisipasi Semua Pihak

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Perlu Partisipasi Semua Pihak

Kudus, isknews.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dengan salah satu Narasumbernya Anggota DPR RI Komisi IX Ir. Ali Mahir, MM menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada Minggu, (11/6/2017).

Dalam kegiatan tersebut Sebagai Narasumber Ir. Ali Mahir, MM yang juga selaku Komisi IX DPR RI yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia Sehat.

TRENDING :  Berlibur, Ibu dan Anak Tewas Tenggelam

Ditambahkannya, Kegiatan tersebut digelar mengingat karena saat ini terjadi perubahan gaya hidup masyarakat yang dinggap menjadi penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Selain itu, digelarnya kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat lantaran masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Sebab, Pada era 1990, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan.

TRENDING :  Lebih Dari Rp 90 Miliar Digelontor PT Djarum Penuhi THR Karyawan

Dikatakannya pula, Gerakan masyarakat hidup sehat ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun perlu partisipasi dari masyarakat. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Salah satu tujuan GERMAS adalah peningkatan produktifitas penduduk dan menciptakan lingkungan bersih yang sehat.

Sehingga anggaran biaya untuk berobat menjadi berkurang. Buat yang pernah merasakan sakit, tentu menjaga kesehatan itu menjadi menjadi prioritas utama. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Diharapkan dengan kegiatan ini, akan mendorong masyarakat untuk mau melakukan hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah serta mengecek kesehatan secara rutin. Pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan bermuara menuju bangsa Indonesia yang kuat. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post