Gerakan Seniman Masuk Sekolah ala Disdikbud Pati

oleh
Foto: Pentas kethoprak cilik yang dimainkan para siswa sekolah dasar di Pati. (istimewa).

Pati, ISKNEWS.COM – Sebagai upaya penguatan pendidikan karakter siswa dan mengangkat kesenian lokal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati melalui bidang kebudayaan akan membuat gerakan seniman masuk sekolah.

Para pelajar nantinya akan digembleng oleh para seniman dan pelaku seni secara langsung, demikian dijelaskan Kepala Bidang Kebudayaan Paryanto kepada wartawan beberapa saat lalu.

TRENDING :  Siswi RA Se-Tlogowungu Sambut Hari Kartini Dengan Pakaian Adat Jawa

”Selain itu, karena peran dari guru kesenian di sekolah dinilai masih kurang. Jadi untuk benar-benar mengangkat kesenian, kami langsung datangkan seniman yang berkecimpung langsung untuk mengajar,” papar Paryanto.

Pada 2017 lalu dinas yang juga membidangi kebudayaan itu pernah melakukan gerakan serupa, namun sepertinya tidak berjalan sesuai rencana karena hanya ada enam sekolah yang melaksanakan.

TRENDING :  Djarum Foundation Laksanakan Pelatihan Pengelolaan Menu untuk Peningkatan Mutu Menu Panti Asuhan

“Pada tahun ini ada 26 sekolah dasar yang bakal dimasuki seniman. Pembiayaannya kami dapat bantuan dari pusat. Semua pembiayaan dari sana ini tentu cukup membantu gerakan ini,” ujar Paryanto.

Gerakan seniman masuk sekolah ini, imbuh Paryanto tidak hanya kegiatan pembelajaran saja. Namun, anak-anak dipersiapkan untuk pentas. Menurut rencana gerakan ini akan dimulai Mei hingga November ini.

TRENDING :  Stok Bawang Merah Ambil Dari Luar Daerah

“Untuk mempersiapkan gerakan seniman masuk sekolah ini, dalam waktu sepekan kedepan kami akan melakukan pendataan para seniman beserta kesenian yang bisa dimasukkan sebagai pelajaran di sekolah,” pungkas Paryanto. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :