Germas Digalakkan Di Bumi Mina Tani

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Amalkan intruksi Presiden RI Joko Widodo, Puskesmas Wedarijaksa I bakal melangsungkan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dalam waktu dekat ini. Program tersebut, bertujuan untuk mengarahkan masyarakat memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kampanye Germas ini kami rencanakan pada hari Jumat (03/11/2017) besok, hal yang sama akan dilaksanakan di SMP N 1 Wedarijaksa,” terang Kepala Puskesmas Wedarijaksa I, Budho Legowo, Selasa (31/10/2017) siang.

TRENDING :  Bakal Bangun Mapolsek Winong Baru, Pemdes Kebowan Dan Polri Gelar Musdes

Dalam pertemuan lintas sektoral tingkat Kecamatan Wedarijaksa, dia melanjutkan, program-program Puskesmas Wedarijaksa I di tahun 2017, telah banyak yang terlaksana, salah satunya adalah program Sadar Mawas Diri (SMD).

“Selain itu, kegiatan kesehatan yang menonjol seperti suntik campak/IMR di desa dan sekolah atau imunisasi rutin, juga sudah terlaksana dengan baik,” ungkapnya kepada isknews.com di Aula Puskesmas Wedarijaksa I.

TRENDING :  Rekor, Kepala Desa Baturejo Lantik 9 Perangkat Desa Baru

Sementara itu, Komite Kesehatan Wedarijaksa, Hadipan menyoroti, agar alokasi anggaran kesehatan dari masing-masing desa, dapat dirumuskan saat pelaksanaan Musrenbangdes dengan mengikut sertakan Bidan Desa.

TRENDING :  Amalkan Instruksi Presiden RI, Germas Digelar di Gembong

“Dengan begitu, Posyandu bagi desa-desa yang masih belum layak, agar disampaikan kepada Kepala Desa setempat, sehingga ada dana yang dialokasikan untuk posyandu,” jelasnya.

Diketahui, Germas sendiri meliputi aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :