Gigitan Tikus Jangan Dianggap Remeh, Berbahaya

oleh
Gigitan Tikus Jangan Dianggap Remeh, Berbahaya
Foto: Jari telunjuk Sumirah yang sempat bengkak akibat infeksi gigitan tikus. Senin(30-07-2018) (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Akibat digigit tikus seorang warga Jati Kulon harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit selama 4 hari. Gigitan tikus yang dianggap remeh oleh Sumirah (54), ternyata bisa mengakibatkan infeksi yang parah.

Sumirah mengaku beberapa minggu yang lalu, saat ia tengah tidur malam, ujung jari telunjuknya (tangan sebelah kanan) digigit tikus sampai berdarah. Luka bekas gigitan tikus itu, hanya dibersihkannya dengan kain. Saat itu, tak terpikir olehnya jika gigitan tikus bisa menyebabkan infeksi pada tangannya.

“Paginya, jari telunjuk saya rasanya cukup nyeri. Saya pikir itu hal biasa, namanya juga luka. Tapi beberapa hari kemudian, telunjuk dan tangan saya bengkak besar. Hingga akhirnya saya mengalami sesak nafas,” jelas Sumirah saat di temui isknews.com di rumahnya, Senin (30-07-2018).

TRENDING :  Jembatan Tambak Lulang Ploso, Saksi Politik Etis Era Kolonial

Sesak nafas yang hebat, mendorong Sumirah untuk segera memeriksakan diri ke RSUD Dr. Loekmonohadi Kudus. Sesampainya disana, ia mendapatkan penanganan intensif selama empat hari. Dari kejadian tersebut, kini ia tersadar akan bahaya gigitan tikus.

“Untungnya saat itu saya segera dilarikan ke rumah sakit. Jika tidak, mungkin nyawa saya sudah tidak tertolong. Saat ini saya sudah lebih baik. Bengkak di tangan sudah mulai kempes dan tidak demam lagi. Tetapi saya harus menjalani cheeck up,” ujarnya.

TRENDING :  UTS Sebagai Tolok Ukur Kemampuan Siswa

Pengelola Program Leptospirosis, Dinas Kesehatan Kudus, Ruwisno, mengatakan tikus merupakan salah satu agen penularan penyakit di masyarakat. Untuk kasus yang dialami oleh Sumirah, Ruwisno mengklaim hal tersebut hanya faktor infeksi saja.

“Kalau pes atau leptospirosis sepertinya tidak. Itu hanya infeksi akut yang tidak ditangani dengan baik hingga sampai ke paru-paru dan menyebabkan sesak nafas. Kalau penyakit pes biasanya disertai dengan munculnya benjolan di sekitar ketiak atau bubo. Dan untuk mendiagnosa pes harus dibuktikan dengan uji laboratorium,” kata Ruwisno.

Untuk menghindari infeksi akibat gigitan tikus langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan luka dengan air mengalir serta sabun. Setelah itu, beri antiseptik dan minumlah antibiotik secara kontinyu selama dua hari. Jika tidak ada perubahan pada luka segera bawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

TRENDING :  Sampah Disulap Jadi Bahan Bernilai Ekonomis

“Sedangkan untuk menghindari gigitan tikus, caranya dengan menjaga kebersihan rumah dari sarang tikus. Cuci tangan dan kaki sebelum tidur dengan sabun juga perlu dilakukan. Karena tangan yang kotor, bisa mengundang datangnya binatang pengerat,” tukasnya. (NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :