“Goes To School” Satpol PP Kudus Kenalkan Perda ke Pelajar

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus mengadakan program Satpol PP Goes To School (SGS) ke SMA 1 Gebog Kudus, Selasa (23/10/2018).

Ketua Satpol PP Kudus, Djati Sholehah melalui Fariq Musthofa, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kudus mengatakan, Program SGS ini dirancang khusus untuk mengantisipasi kenakalan di kalangan pelajar termasuk terjadinya tawuran. “Pendekatan dari para penyuluh menjadi daya tarik bagi para pelajar untuk bisa langsung mengenal Satpol PP lebih dekat,” ujarnya saat ditemui isknews.com di kantornya.

Program Satpol PP Goes To School merupakan giat kunjungan ke sekolah – sekolah di lingkungan Kota Kretek yang ditujukan untuk memberikan penyuluhan menerangkan semua perda. “Alhamdulillah, kami bisa berbaur ke dalam generasi muda para pelajar sekolah menengah dalam mengenalkan tentang semua perda,” katanya.

TRENDING :  Selama Cuti Lebaran Pelayanan Publik Kudus Tetap Buka, Ini Daftarnya

Materi yang disampaikan, kata Fariq, diantaranya pengetahuan tentang peraturan daerah (Perda) Ketertiban, Kebersihan, Keindahan (K3) No.8 tahun 2015, Peraturan Bupati (Perbup) KTR (Kawasan Terbatas Rokok) KTM (kawasan Terbatas Merokok) No.18 2015 dan Perda minumam keras (Miras) no.12 2004.

Kolaborasi antara Satpol PP dan pihak sekolah, termasuk para siswa, diharapkan dapat mewujudkan kondusivitas ketentraman, ketertiban masyarakat (Tramtibmas). Termasuk siswa-siswi harus menjaga aturan yang berlaku, seperti halnya saat di taman-taman publik di Kudus.

TRENDING :  Berziarah di Makam Kerabat Kudus, Imam Nahrawi Disambut Hangat Warga

Acara yang berlangsung 1 jam lebih itu diikuti sekitar 250-an murid di SMA 1 Gebog. Mereka sangat antusias, apalagi disaat sesi tanya jawab berlangsung dan pertunjukan minat dan bakat berhadiah, “Memang tidak semuanya siswa kami libatkan supaya tidak mengganggu KBM, Hanya perwakilan kelas saja dan sebagian pengurus OSIS,” ujarnya.

Fariq mengungkapkan, Satpol PP Goes To School selain digelar SMA 1 Gebog, juga akan dilaksanakan di SMP 2 Gebog pada Rabu (24/10/2018). Hal ini merupakan bagian dari penegakan Perda Humanis Satpol PP Kudus.

TRENDING :  PURA GROUP ISI BULAN K3 DENGAN ANTISIPASI TEROR DAN PEMBERSIHAN LINGKUNGAN

Diketahui, sebelumnya Satpol PP sudah Mengadakan pelatihan penegakan Perda Humanis, Sosialisasi di 3 kecamatan (Gebog Kaliwungu dan Jati) serta membagikan 1200 selebaran (Pamflet, Brosur dan Stiker) saat warga berkerumun di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

“Melalui pendekatan persuasif, komunikatif, dan edukatif, Kami mengedepankan misi humanis dalam perwujudan tramtibmas, baik di sekolah, lingkungan tempat tinggal dan tempat-tempat umum. Dengan demikian akan mengeliminasi metode kekerasan dalam penindakan, lebih menekankan pada upaya menumbuhkan kesadaran tramtib,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :