Golongan Darah AB Sangat Langka, Ini Alasannya

by
ISKNEWS.COM
Foto: Golongan AB, langka tapi beruntung. Senin (28-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Berdasarkan laporan stok darah di UDD PMI Kabupaten Kudus, Senin (28-05-2018), bahwa stok darah A sebanyak 252 kolf, B 112 kolf, AB 1 kolf dan O 134 kolf. Dari data ini terlihat bahwa, golongan darah AB memiliki stok paling sedikit, yakni 1 kolf.

Humas UDD PMI Kudus, Praptiningsih, mengatakan jika beberapa hari ini, banyak yang membutuhkan golongan darah AB. Sehingga stok untuk golongan darah tersebut di PMI terbilang sangat minim.

“Permintaan kantung darah di PMI, sifatnya musiman. Misalnya saat ini paling banyak di cari golongan A. Lalu beberapa hari kedepan ganti golongan O dan seterusnya. Dan kebetulan beberapa hari ini, masyarakat banyak yang mencari golongan darah AB. Sehingga kini stoknya sangat menipis,” ungkap Prapti, sapaannya, Sabtu (26-05-2018).

TRENDING :  Penderita TB di Kudus Semakin Meningkat, DKK Ajak Masyarakat Hidup Bersih & Sehat 

Imbuhnya, “Selain itu, golongan darah AB terbilang langka. Karena tidak banyak orang yang memiliki golongan darah AB. Bisa dibilang orang yang memiliki golongan darah ini, termasuk orang yang beruntung.”

TRENDING :  Disuntik Imunisasi MR Tak Sakit

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui bahwa perbedaan golongan darah manusia berasal dari ikatan protein dan karbohidrat yang berada di permukaan sel darah merah. Ikatan ini menjadi sebuah penanda yang berukuran miroskopis yang biasa disebut antigen.

TRENDING :  Antusias Warga Desa Cendono Ikuti Sosialisasi KIE Kreatif 2017 Dari BKKBN dan DPR RI

KOMENTAR SEDULUR ISK :