Gubernur : Boleh Saja Pengusaha Keberatan Besaran UMK, Tapi Kita Akan Turunkan Tim Dan Di Cek

by

Semarang – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP tidak keberatan jika nantinya UMK yang ditetapkannya mendapat reaksi dari para pengusaha berupa pengajuan penangguhan UMK. Menurutnya, pengajuan penangguhan UMK tersebut merupakan hak pengusaha apabila dirasa memberatkan mereka.

“Oh nggak apa-apa, kan tidak setuju boleh. Jadi bisa mengajukan keberatan. Mengajukan keberatan nanti ada syaratnya, kita menurunkan tim terus kemudian dicek. Begitu kita terima dia bisa mundur satu tahun kok. Maka pengusaha tidak usah cemas,” katanya usai melakukan konsultasi dengan DPRD Jawa Tengah, sebelum menetapkan Upah UMK kabupaten/kota tahun 2016, Jumat (20/11).

TRENDING :  Penentuan Besaran Upah Buruh Tak Lagi Melalui Survai KHL

Ganjar mengatakan angka UMK yang ia tandatangani telah melalui penyesuaian angka yang sebelumnya telah disetorkan oleh masing-masing kabupaten dan kota dengan memperhatikan usulan dari tripartit, yakni buruh, pengusaha, dan pemerintah kabupaten/kota.

TRENDING :  Dibayarkan Lebih Awal THR Pekerja Rokok di Kudus

“Minimal teman-teman buruh sudah bicara, Apindo sudah bicara, kita konfirmasi berkali-kali dengan para bupati/ walikota. Ya mudah-mudahan kalau mereka bisa melepaskan dari kepentingan politik sesaat lebih enak,” ujarnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :