Gubernur Ganjar : Media Online Sarana Cerdas Dan Cermat Bagi Pelaku Usaha Memasarkan Produknya

by
isknews

Semarang – Hilangnya batasan menjual produk lintas daerah dan negara di era modern sekarang ini menuntut para pelaku usaha untuk lebih cerdas dan cermat untuk memasarkan produk-produknya. Media online telah menjadi tempat tanpa batas dalam setiap transaksi ekonomi yang dinilai sangat efektif dan efisien.

Dalam acara Seminar Nasional UMKM dan Dialog Entrepreneur di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (26/11), masih banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang awam dengan peningkatan usahanya masing-masing. Rata-rata masih berorientasi untuk meningkatkan profit dan melupakan bagaimana mengembangkan usaha.

“Solusi UMKM sekarang ini adalah harus online, karena borderless. Setiap saat bisa upload rak mbayar. Seperti Kadin punya GetAsean.Com itu bisa dipakai untuk memasarkan produk karena bekerjasama dengan mereka yang ada di Asean. Maka ini contoh yang kita coba upgrade ke pelaku UMKM,” kata Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP.

TRENDING :  JAWA TENGAH BAGIAN SELATAN DIKEPUNG BANJIR DAN LONGSOR, 3 TEWAS DAN 4 MASIH DICARI

Walau begitu, para pelaku UMKM juga harus memperhatikan beberapa aspek dalam menjalankan usahanya agar tetap survive dan berkembang. Di antaranya seperti soal knowledge yang harus cukup, keterampilan yang memadai, akses permodalan dari perbankan, dan yang terakhir adalah adanya pendampingan dari berbagai pihak.

TRENDING :  Pesan Natal Gubernur: Saling Menghargai Menghormati Dan Jaga Tali Kebersamaan

KOMENTAR SEDULUR ISK :