Gubernur: Inspirasikan Kegigihan Jack Ma Dalam Kreatifitas Dan Berusaha

Gubernur: Inspirasikan Kegigihan Jack Ma Dalam Kreatifitas Dan Berusaha

Pati“Ada yang pernah dengar Jack Ma? Siapa itu Jack Ma?”

Siswa-siswi SMK Cordova Margoyoso Pati bergeming ketika Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP bertanya kepada mereka pada program Gubernur Mengajar, Rabu (18/1). Melihat tidak ada satu pun respon dari pelajar di hadapannya, orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengulang pertanyaannya lagi. Ragu-ragu, salah seorang siswa program studi teknik sepeda motor bernama Muhammad mengacungkan jari.

“Saya pernah dengar nama Jack Ma, Pak, di televisi,” ujarnya.

“Apa yang kamu tahu tentang Jack Ma?”, tanya Ganjar lagi.

Ekspresi Muhammad tampak kebingungan. Ganjar pun bercerita, Jack Ma adalah salah seorang warga terkaya kedua di Cina. Kesuksesannya itu tidak tiba-tiba. Saat muda, Jack Ma ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi impiannya. Namun, dia tidak diterima di sana. Jack Ma muda tidak pantang menyerah. Dia memilih bersekolah di sekolah yang tidak begitu bonafit. Dia belajar sambil merintis bisnis e-commerce-nya.

BACA JUGA :  Mengagumkan SMA 2 Bae Berhasil Pertahankan Juara Umum Lomba Penegak IV Se-Binwil Pati

Karena masih kekurangan modal, Jack Ma mengajukan bantuan modal kepada pemerintah. Lagi-lagi, dia harus puas dengan penolakan. Karena kegigihannya, Jack Ma lambat laun berhasil membesarkan e-commerce-nya yang dikenal dengan nama Alibaba.com. Ketika bisnisnya gemilang, banyak pihak yang ingin membeli saham Alibaba.com. Tapi Jack Ma tak berniat menjualnya.

Ganjar ingin siswa-siswi SMK Cordova Margoyoso itu mencontoh kegigihan dan kreativitas Jack Ma dalam berwirausaha. Dia memuji kreativitas pelajar sekolah berbasis pesantren dan industri itu untuk mempercantik kemasan kopi organik bermerk Kopi Pati. Mulanya, mereka bekerja sama dengan petani kopi asal Muria untuk menyuplai kopi organik. Para pelajar kemudian mendesain kemasannya dan menjual dengan harga Rp 15 ribu per bungkus.

BACA JUGA :  Sistem Integritas Nasional (SIN) Untuk Perangi Korupsi Kolusi Dan Nepotisme

“Saya mengapresiasi kreativitas siswa SMK Cordova. Saya berharap mereka belajar bagaimana memasarkan online. Saya kasih contoh Alibaba.com. Tapi juga ada inovasi, misalnya kopi sachet siap minum. Variannya banyak. Jadi ad learning by doing,” jelas Ganjar. (HJT)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

66 Responses to "Gubernur: Inspirasikan Kegigihan Jack Ma Dalam Kreatifitas Dan Berusaha"

Comments are closed.