Gubernur : Libur Idul Adha, Tol Brexit Siap Atasi Lonjakan Kepadatan Arus Lalu Lintas

by
isknews

Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama jajaran kepolisian dan pihak terkait lainnya siap mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas pada libur panjang Idul Adha ini. Termasuk mencegah kemacetan parah yang bisa saja terjadi di gerbang tol Brebes Timur (Brexit) seperti yang terjadi saat Lebaran lalu.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengungkapkan usai evaluasi Lebaran, pihaknya telah membentuk panitia mudik Lebaran 2017 mendatang. Rencananya, tim tersebut akan diujicobakan pada libur Natal dan tahun baru. Namun, berdasarkan diskusi dengan Menteri Perhubungan RI, kinerja panitia mudik akan diuji coba pada libur Idul Adha ini.

“Kita sudah menyiapkan personel, sistem informasi termasuk peralatan yang disiapkan Telkom. Beberapa titik penting sudah kita siapkan antisipasi,” beber gubernur, usai membuka Sekolah Jurnalistik PWI Provinsi Jawa Tengah di Aula Fakultas Hukum Unissula, Jumat (9/9).

TRENDING :  Pemprov Juga Sudah Kandangkan Mobil Dinas

Di tol Brexit, imbuhnya, sudah disiapkan traffic counting. Jika antrean kendaraan sudah mencapai lima kilometer, akan dibelokkan dan dicarikan jalan keluar. Tentunya akan ada petugas dari kepolisian yang melakukan patroli. Untuk mencegah adanya pengguna jalan yang terjebak kemacetan sampai kelaparan atau sakit, pihaknya bekerja sama dengan PMI dengan meminjam helicopter ambulans. Sehingga, mereka dapat segera dievakuasi dan meminimalisasi risiko kematian. Bantuan kesiapsiagaan helicopter untuk evakuasi pengguna jalan juga akan dimintakan dari SAR, polisi, maupun TNI.

TRENDING :  Kunjungan Silaturahmi Dan Dialog Jadi Perekat Kerukunan Antar Umat Beragama

KOMENTAR SEDULUR ISK :