Gubernur : Musim Hujan Tiba Kebumen, Kudus, Pati, Demak, dan Semarang Wilayah Rawan Banjir

by

Semarang – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengingatkan masyarakat di wilayah kepemimpinannya untuk melakukan persiapan sejak dini dalam menghadapi musim penghujan. Masyarakat tidak perlu ‘menangis’ saat pergantian musim, karena sudah merupakan hukum alam.

“Saat kemarau atau hujan, nggak usah memaki, merengek, atau menangis. Kemarau atau hujan itu sunatullah. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah mitigasi bencana,” tegasnya saat membuka acara Rapat Kesiapan dan Antisipasi Menghadapi Ancaman Bencana Banjir dan Tanah Longsor Tahun 2015-2016 di Jawa Tengah di Ruang Rapat Lantai IV Badan Penanganan Bencana Daerah Provinsi (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Senin (9/11).

Beberapa daerah yang berpotensi banjir, imbuhnya, hendaknya menggalakkan gerakan ‘resik-resik sungai’ sejak musim kemarau. Daerah yang rawan banjir tersebut antara lain Kebumen, Kudus, Pati, Demak, dan Semarang.

“Maka rapat koordinasi hari ini, untuk para bupati/walikota, tolong perintahkan kerjasama dengan PSDA, dinkes, BLH, TNI/Polri, dan masyarakat. Potensi-potensi sungai banjir ayo diresiki mulai sekarang. Potensi-potensi tanah longsor mulai diperingatkan. Kemarin kita punya PR (tanah longsor) di Banjarnegara, kita minta early warning system dipasang alatnya atau pola komunikasinya,” terang mantan Ketua Mapala UGM itu.

KOMENTAR SEDULUR ISK :