Gusjigang Jadi Andalan Kudus Raih Adipura Kencana 2017

oleh

Kudus, ISKNEWS.COMBupati Kudus Musthofa mengangkat tema Gusjigang, Spirit of Kudus, saat paparan nominasi peraih Adipura Kencana tahun 2017 di Gedung Rimbawan I KemenLH & Kehutanan, belum lama ini. Gusjigang diangkat karena filosofi ini adalah fondasi masyarakat Kudus dalam meraih sukses. Baik dari sisi budaya, reliji, edukasi, bahkan dalam menjaga alam dan lingkungan.

“Yaitu bagus yang bukan hanya perilaku baik serta fisik yang tampan, tetapi juga bersih diri dan lingkungan. Sedangkan ngaji adalah semangat terus belajar. Dan dagang merupakan kreativitas masyarakat dalam berbisnis,” terang Musthofa.

TRENDING :  Pemkab Kudus Ancam Bongkar Paksa Lapak PKL Belakang Ramayana

Dikatakannya, Ada tiga poin gusjigang ini. Yakni fleksibel, relational, dan akulturatif. Output yang dihasilkan adalah kinerja yang baik. Mengenai kelestarian alam dan lingkungan, Bupati telah bertekad menjadikan Kudus sebagai Kota di Tengah Taman.

Untuk itu telah diimbangi dengan anggaran yang cukup untuk mewujudkannya. Namun demikian, untuk menjaga lingkungan yang baik dan bersih, menurutnya dibutuhkan peran serta aktif masyarakat yang dimulai oleh para siswa.

Konsep 3R (reduce, reuse, recycle) terus dibudayakan. Sehingga timbulan sampah bisa diolah atau dimanfaatkan kembali. Bahkan tempat pembuangan sampah (TPA) ditata menjadi taman yang cantik.

TRENDING :  TPA Masih Dibawah Kualifikasi Adipura

Termasuk peran masyarakat dan perusahaan telah membuahkan hasil nyata. Diantaranya taman-taman yang dibangun tanpa APBD. Kesemuanya turut memberikan kontribusi bagi keindahan dan kelestarian lingkungan.

“Jagalah lingkunganmu, selamat masa depanmu,” imbuhnya. Bupati Kudus hadir bersama pejabat utama Pemkab Kudus. Hal ini menunjukkan adanya kekompakan dan kebersamaan yang bersinergi untuk membangun Kudus.

“Mereka semua inilah yang telah bekerja dengan maksimal bagi masyarakat,” pungkasnya.

TRENDING :  Songsong Adipura, Seluruh OPD Diminta Peduli Kebersihan

Tim penilai Adipura Kencana 2017 beranggotakan 19 yang merupakan pakar pada bidangnya. Ir. Sarwono Kusumaatmaja selaku ketua mengapresiasi yang dilakukan Pemkab Kudus. Diharapkan ini bisa terus berlanjut agar Kudus semakin baik terutama lingkungan dan alamnya.
Penilaian adipura kencana ini mencakup semua aspek. Termasuk perekonomian. Sebagaiman yang disampaikan Dr. Connie Rahakundini yang kaget dengan raihan PDRB Kabupaten Kudus yang tinggi. Sore itu dirinya mengapresiasi yang dilakukan Bupati Kudus dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dengan Gusjigang-nya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :