Hadi Priyanto Kembali Luncurkan Buku

oleh -1,061 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Purna tugas bagi Hadi Priyanto sepertinya hanya berlaku untuk tugas kedinasan sebagai ASN.  Sebab pada bulan April ini dia justru meluncurkan dua buku karyanya Sosrokartono Putra Indonesia yang Besar dan Kartini Penyulut Api Nasionalisme.

Buku terakhir yang diterbitkan oleh Yayasan Kartini ini melihat Kartini dari sudut pandang yang berbeda, yaitu nasionalisme. Bukan sekedar pahlawan emansipasi wanita. Menurut Hadi Priyanto, peran Kartini dalam menumbuhkan kebangkitan nasionalisme ini jarang di bicarakan. Padahal, dalam setiap helai surat Kartini berisi gagasan dan kecintaannya pada bangsa. Bahkan dalam dua nota yang ditulis Kartini untuk pemerintah beliau dengan tegas menyatakan, bahwa apa yang dilakukannya adalah agar tumbuh anak-anak yang mencintai tanah air dan bangsanya.

Pemikiran, gagasan, tulisan dan tindakan RA Kartini mampu menumbuhkan keberanian dan kesadaran para pemuda progresif dan terpelajar di STOVIA untuk mulai berfikir dan berjuang untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Karena itu pada tahun 1903 Kartini bersama para mahasiswa kedokteran STOVIA mendirikan Jong Java. Jauh sebelum Tri Koro Dharmo didirikan dan juga jauh dari pendirian Budi Utomo. “Karena peran dan pengaruhnya yang demikian besar, maka oleh para pemuda pergerakan beliau dipanggil ayunda,” ungkap Hadi.

Pokok-pokok pikiran RA Kartini, gagasan dan citanya juga menjadi pedoman resmi dari organisasi mahasiswa di Belanda yang bernama Indische Vereeniging. “Para aktivis organisasi ini nantinya berperan dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia,” ujar Hadi.

Buku ini menurut Hadi memang ditujukan untuk pembaca pemula yang ingin belajar dari spirit, cita-cita dan gagasan Kartini. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.