Hamil Besar, Puluhan Ibu di Nganguk dan Mlati Lor Ikuti Senam

oleh
Hamil Besar, Puluhan Ibu di Nganguk dan Mlati Lor Ikuti Senam
Foto: Kegiatan kelas ibu hamil yang diadakan Puskesmas Wergu Kulon, Selasa (10-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Untuk memperlancar proses persalinan, puluhan ibu hamil (Bumil -Red) di Desa Nganguk dan Mlati Lor Kudus, pagi ini mengikuti kegiatan senam bumil. Usia kandungan yang mendekati masa persalinan, menjadi pelecut bagi para bumil ini untuk lebih rajin dalam melakukan senam.

Dibawah instruktur bidan Puskesmas Wergu Wetan dan bidan desa setempat, mereka terlihat antusias mengikuti setiap gerakan senam. Dijelaskan oleh Bidan Desa Nganguk, Wakhidatul Aminah, kegiatan senam bumil ini merupakan bagian dari progam kelas ibu hamil yang diselenggarakan Puskesmas Wergu Wetan.

TRENDING :  PD BPR Bank Pasar Raih Penghargaan Golden Award

“Dalam progam kelas ibu hamil ini, mereka akan mendapatkan sosialisasi mengenai prilaku sehat selama masa kehamilan dan persalinan. Bagi, ibu hamil yang telah memasuki tri semester akhir, mereka akan menjalani senam bumil, untuk memeperlancar proses persalinan,” kata Aminah saat ditemui isknews.com pada Selasa, (10-07-2018).

Hamil Besar, Puluhan Ibu di Nganguk dan Mlati Lor Ikuti Senam
Foto: Kegiatan kelas ibu hamil yang diadakan Puskesmas Wergu Kulon, Selasa (10-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kelas ibu hamil yang dilakukan pada hari ini merupakan pertemuan kedua, setelah sebelumnya pada bulan April dilakukan kelas yang sama. Koordinator Progam Ibu Hamil, Puskesmas Wergu Wetan, Dwi Ira Yusi Probobingrum, menuturkan pada bulan Juli ini kelas ibu hamil akan dilakukan di delapan Desa yang ada di dalam wilayah cakupan puskesmas.

TRENDING :  Permintaan Kartu Kuning di Kudus Meningkat

“Hari Senin kemari, kami mengadakan kelas bumil di Desa Demaan dan Wergu Wetan, Hari ini di Nganguk dan Mlati Lor, Rabu di Mlati Kidul dan Panjunan. Terakhir Kamis di Kramat dan Wergu Kulon,” ungkapnya.

Ira sapaan akrabnya, berharap dengan adanya kelas ibu hamil ini, pemahaman ibu hamil akan kesehatan bisa meningkat. Dengan begitu, angka Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR), angka kematian ibu saat persalinan dapat berkurang.

TRENDING :  Ketua MUI Kudus: Jadi Investor Syariah? Kenapa Tidak!

Ditemui di Aula Desa Nganguk dalam kegiatan kelas ibu hamil, Aminah, menegaskan gerakan senam bumil ini didesain untuk melatih ibu dalam mempersiapkan proses persalinan. Tak hanya itu, senam ini juga bermanfaat meminimalisir bayi sungsang.

“Gerakannya sendiri, kami pilihkan yang mudah dan aman. Agar ibu hamil dapat melakukannya secara madiri di rumah dan minim resiko,” tutupnya. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :