Hanya 1 Bulan Masa Pemeliharaan Tanaman Hias Pada Proyek Taman

Hanya 1 Bulan Masa Pemeliharaan Tanaman Hias Pada Proyek Taman

Kudus, isknews.com – Kontraktor atau rekanan yang mengerjakan proyek pembangunan taman, hanya diberi waktu satu bulan, untuk masa pemeliharaan tanaman hias yang ditanam di areal proyek tersebut. Hal itu tentu saja sangat singkat, jika dibandingkan dengan masa pemeliharaan bangunan fisik taman yang waktunya selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Hal itu disampaikan oleh Rizal, rekanan yang mengerjakan proyek pembangunan Taman Kawasan GOR Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, saat dihubungi isknews.com, di lokasi proyek, belum lama ini. Menurut dia, pemeliharaan tanaman hias di proyek taman tersebut, adalah rekanan yang ditunjuk untuk pengadaan tanaman hias tersebut, dari mulai penataan tempat, penanaman hingga penyiraman sampai tanaman itu benar-benar tumbuh dan hidup. “Penyiraman dilakukan dua kali dalam sehari, pagi dan sore.”

Sedangkan untuk pemeliharaan fisik bangunan pada Taman Kawasan GOR Wergu Wetan itu, oleh SKPD terkait, ungkap Rizal yang didampingi wakil pelaksana, Sutopo, diberi waktu selama 6 bulan sampai 1 tahun. Fasilitas yang mendominasi pembangunan taman tersebut, adalah jogging trak yang dibuat mengelilingi taman, termasuk di bagian sisi timur areal berupa lapangan terbuka dan permukaan lantainya dicat warna merah. “Ruang terbuka yang luasnya separoh dari keseluruhan areal bekas parkir itu, disediakan untuk upacara pada hari-hari besar, atau kegiatan lain oleh masyarakat umum, seperti senam atau olah raga.”

Sedangkan pada sisi barat, dibangun fasilitas taman berupa bundaran air mancur, berbagai tanaman hias dalam pot berbentuk persegi panjang dan bulat, jalan lingkungan taman dan sejumlah bangku tempat duduk terbuat dari besi pipa. “Untuk penerangan pada malam hari, di taman ini juga akan dipasang 10 lebih lampu listrik dengan tiang setinggi 4 meter,” ujar Sutopo.

Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) selaku penanggungjawab pengadaan proyek taman GOR Wergu Wetan itu, adalah Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang (Cipkataru) Kabupaten Kudus. Kegiatannya penataan ruang terbuka hijau (RTH), jenis pekerjaan pembangunan kawasan GOR Wergu Wetan Kudus. Besarnya anggaran yang terserap, Rp 2.954.411.000, sumber dana dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) TA 2016. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Normalisasi Kali Londo Cegah Banjir Tahunan Di Undaan

Share This Post