Harga Kebutuhan Dapur Melejit, Pembeli Menjerit

Harga Kebutuhan Dapur Melejit, Pembeli Menjerit

Kudus, ISKNEWS.COM – Pembeli di sejumlah pasar di Kudus mengeluhkan mahalnya harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas), usai pelaksanaan Natal 2016 dan menjelang Tahun baru 2017. Terutama bumbu-bumbuan yang dirasa terlalu mahal, padahal biasanya di akhir tahun harga sembako terjangkau.

Harga sembako kudus
(ISKNEWS/YULIADI MUHAMMAD)

Kenaikan paling tajam masih terjadi pada cabai rawit yang menyentuh di atas Rp 50 ribu per kilogram. Sama halnya dengan cabai merah juga masih bertahan pada kisaran Rp 47 ribu per kilogram. Sementara bawang merah dan bawang putih tetap stabil namun tergolong mahal kisaran Rp 40 ribu per kilogram.

TRENDING :  Jelang Natal Sembako Mahal

“Naik terus harga bumbu-bumbuan ini dari sebelum Natal hingga sekaranh. Padahal biasanya di akhir tahun harga terjangkau,” kata salah satu pedagang di Pasar Brayung Muntari.

Dia menuturkan, selain cabai dan bawang kenaikan juga ditunjukkan pada beras dan gula. Harga beras medium sebelumnya dibawah Rp 9 ribu kini naik pada kisaran Rp 9.500 per kilogram. Beras premium juga mengalami kenaikan Rp 500 per kilogram menjadi Rp 10 ribu per kilogramnya.

TRENDING :  Harga Sembako Relatif Stabil

Gula pasir yang sebelumnya stabil Rp 12 ribu per kilogram dan bertahan selama lebih dari tiga bulan, kini juga mengalami kenaikan cukup signifikan. Harga ecer di beberapa pasar terpantau Rp 12.500 hingga 12.700 per kilogram atau berkisar naik sekitar Rp 500 per kikogram.

Sementara itu salag satu pembeli Suminah mengeluhkan mahalnya kebutuhan dapur saat ini. “Semuanya pada naik makin susah saja rakyat kecil sekarang. Seharusnya pemerintah mlebih bisa mengontrol harga di pasar,” keluh wanita yang bekerja sebagai buruh rokok itu.

TRENDING :  Eskalator Pasar Kliwon Sebentar Lagi Beroprasi

Kerjaan, lanjutnya, sementara libur selama beberapa hari hingga awal tahun 2017. Sedangkan harga sembako semakin naik. Hal ini tentunya memberatkan. “Secepatnya lah segera dinormalkan lagi harga sembako,” harapnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Comments are closed.