Harga Kebutuhan Dapur Melejit, Pembeli Menjerit

by

Kudus, ISKNEWS.COM – Pembeli di sejumlah pasar di Kudus mengeluhkan mahalnya harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas), usai pelaksanaan Natal 2016 dan menjelang Tahun baru 2017. Terutama bumbu-bumbuan yang dirasa terlalu mahal, padahal biasanya di akhir tahun harga sembako terjangkau.

Harga sembako kudus
(ISKNEWS/YULIADI MUHAMMAD)

Kenaikan paling tajam masih terjadi pada cabai rawit yang menyentuh di atas Rp 50 ribu per kilogram. Sama halnya dengan cabai merah juga masih bertahan pada kisaran Rp 47 ribu per kilogram. Sementara bawang merah dan bawang putih tetap stabil namun tergolong mahal kisaran Rp 40 ribu per kilogram.

“Naik terus harga bumbu-bumbuan ini dari sebelum Natal hingga sekaranh. Padahal biasanya di akhir tahun harga terjangkau,” kata salah satu pedagang di Pasar Brayung Muntari.

TRENDING :  Harga Sejumlah Komoditas Pangan Berangsur Turun

Dia menuturkan, selain cabai dan bawang kenaikan juga ditunjukkan pada beras dan gula. Harga beras medium sebelumnya dibawah Rp 9 ribu kini naik pada kisaran Rp 9.500 per kilogram. Beras premium juga mengalami kenaikan Rp 500 per kilogram menjadi Rp 10 ribu per kilogramnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :