Harga Kebutuhan Pokok Stabil Tetapi Daging Ayam Melonjak Tinggi

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Menjelang lebaran, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kudus masih terbilang stabil. Tidak dipungkiri, pada beberapa hari menjelang lebaran ini, sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga yang tidak signifikan.

Namun berdasarkan pantauan isknews.com di Pasar Bitingan pada H-1 lebaran ini, beberapa bahan pokok justru mengalami penurunan harga dibandingkan hari kemarin.

Seperti yang terjadi pada harga cabai kriting, yang kemarin menyentuh angka Rp. 38ribu per kilo. Pada pagi hari ini, harga cabai kriting sudah turun menjadi Rp. 28ribu per kilo. Begitupun dengan cabai rawit yang mulanya Rp. 28ribu, hari ini turun menjadi Rp. 25ribu perkilo.

TRENDING :  Janur Ketupat Mulai Diburu Warga Kudus

Pedagang Pasar Bitingan, Eko (40), mengungkapkan sejumlah harga kebutuhan pokok pada hari ini memang cenderung turun dibandingkan kemarin. Penurunan ini diduga karena pasokan kebutuhan pokok pada hari ini cukup melimpah, sehingga harga dipasaran bisa turun.

“Sepengetahuan saya, hari ini harga kebutuhan pokok yang turun itu hanya cabai dan bawang. Untuk sayuran dan buah cenderung normal,” katanya, Kamis (14-06-2018).

Hal senada juga diungkapkan Wawan (35), penjual sayur ini mengatakan harga sejumlah sayuran seperti kubis atau kol, tomat dan wortel hari ini terbilang stabil. Kenaikan harganya hanya berkisar Rp. 1-2ribu per kilonya. Untuk harga kentang, jagung manis dan kelapa juga tidak mengalami kenaikan.

TRENDING :  Penjualan Janur Di Kudus Laris Manis

“Pada H-1 lebaran ini harga kelapa masih sama seperti hari-hari biasanya yakni Rp. 6-8 ribu per butir. Meskipun permintaan banyak, tetapi tidak ada kenaikan harga. Itu harga di pasar, tetapi nanti kalau sudah jatuh di toko sayur, pastinya sudah beda lagi harganya,” terangnya.

TRENDING :  Jelang Lebaran, Harga Sembako di Kudus Stabil

Wawan mengakui, pada H-1 lebaran ini warga cenderung mencari daging dan bumbu masakan dibandingkan sayuran. Sehingga harga sayuran bisa tetap stabil. Untuk harga satu ekor ayam horen pada H-1 lebaran ini melonjak tajam hingga Rp. 70ribu per ekor.

“Berhubung ini momennya, sehingga harga daging pada hari ini melonjak tinggi. Apalagi nanti saat lebaran, harga kebutuhan pokok saya rasa akan naik semuanya. Sedikitnya penjual dan stok barang yang terbatas, membuat harga yang ada akan melambung tinggi,” pungkasnya. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :