Harga Membaik, Perniagaan Cengkeh Di Kudus Menggeliat

by
isknews

Kudus, isknews.com – Perniagaan cengkeh di Kabupaten Kudus, kini sedang menggeliat, terkait dengan perkembangan harga cengkeh semakin membaik, bahkan bisa dikatakan stabil, yakni berkisar antara Rp 135.000 – Rp 136.000 per kilogram. Kondisi itu sudah barang tentu mendatangkan keuntungan bagi petaninya sehingga mendorong mereka mendorong mereka, untuk lebih menggiatkan penanaman salah satu bahan utama pembuatan rokok kretek itu.

TRENDING :  Satgas Waspada Investasi Perintahkan Talk Fusion Segera Hentikan Kegiatan

Kepala Bidang (Kabid) Kehutanan dan Perkebunan (Hut-Bun), Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus, Harnawa, mengatakan saat dihubungi isknew.com, di ruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu. Menurut dia, selain harganya stabil, petani cengkeh sekarang ini bisa menjual bebas di pasaran, setelah pemerintah tidak memonopoli perdagangan cengkeh.

Sebelumnya, pemerintah sempat memonopoli perniagaan cengkeh P Keputusan Presiden (Kepres) Nomer 8 Tahun 1980 tentang tata niaga cengkeh dalam negeri. Dengan Kepres ini, pemerintah menurunkan harga cengkeh hingga Rp 7000 per kilogram. Akibatnya, petani enggan menanam cengkeh, karena hasilnya tidak memuaskan. Keengganan itu disusul dengan yang ekstrim oleh sejumlah petani, yakni dengan membabat tanaman cengkeh yang sudah tumbuh. “Bahkan pada waktu ada yang membakar tanaman cengkehnya, seperti yang dilakukan petani cengkeh di Desa Menawan.”

TRENDING :  Weh....Proyek Pembangunan Pasar Wergu Didatangi Kejaksaan ...Ada Apa Ya ?

KOMENTAR SEDULUR ISK :