Harga Sejumlah Komoditas Pangan Berangsur Turun

by
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Harga sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan sejak akhir tahun lalu, kini berangsur mulai mengalami penurunan. Seperti harga telur yang sebelumnya dijual Rp 25 ribu, kini turun Rp 1.000 per kilogramnya.

Penurunan harga juga terjadi pada ayam potong yang sebelumnya dipatok Rp 35 ribu perkilogram, kini menjadi Rp 33 ribu perkilogram. Menurut salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Bitingan, Handayani, penurunan harga sudah terjadi sejak Selasa (02/01/2018).

Kenaikan harga, lanjutnya, sudah terjadi sejak awal Desember 2017. Hingga puncaknya terjadi menjelang Natal yang mencapai Rp 35 ribu perkilogram. “Kami bersyukur harga berangsur normal, karena dengan adanya kenaikan harga cukup mempengaruhi penurunan jumlah pembeli,” katanya.

TRENDING :  Melambatnya Pertumbuhan Sektor Mikro Harus Jadi Perhatian

Sementara itu salah seorang pedagang telur, Murni, pada saat harga telur naik biasanya dirinya mengurangi jumlah pengambilan telur dari pemasok. Hal itu dilakukannya karena jumlah pembeli berkurang.

TRENDING :  Harga Kebutuhan Dapur Melejit, Pembeli Menjerit

“Biasanya yang beli sekilo dikurangi hanya beli setengah kilo saja. Kalau kita ambilnya masih seperti pada biasanya, malah bisa repot sendiri karena gak laku-laku,” tutur Murni.

TRENDING :  Kelompok Bahan Makanan Sumbang Inflasi 0,395 Persen

KOMENTAR SEDULUR ISK :