Hari HIV-Aids Se Dunia KSR Stikes Muhammadiyah Kudus Bagikan Stiker dan Brosur di Terminal Bus Induk

oleh

Kudus,isknews.com – Korp Suka Rela (KSR) Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Kabupaten Kudus, mempunyai cara sendiri dalam memperingati “World Aids Day (Hari Aids se dunia), 1 Desember 2017. Mereka turun ke jalan di sejumlah tempat keramaian di Kudus, melakukan sosialisasi melalui stiker dan brosur berisi tentang penyakit HIV-Aids dan pencegahannya. Sambil mengajak dialog, stiker dan brosur itu dibagikan kepada warga masyarakat.


Menurut Nuryana Rohmah, salah seorang kordinator lapangan (korlap), aksi simpatik KSR Stikes Muhammadiyah Kudus, pada Jumat (01/12/17) siang tadi, diadakan di empat tempat keramaian, yakni di alun-alun Simpang Tujuh, perempatan Panjang, perempatan Jember dan Terminal Induk Bus, Jati Kudus. “Jumlah peserta di masing-masing tempat tersebut, sebanyak 13 orang. Jumlah stiker dan brosur yang dibagikan, seluruhnya masing-masing 350 dan 200 lembar, ” kata dia, saat ditemui isknews.com, di Terminal Bus Induk Kudus.

TRENDING :  Festival Takbir Keliling dan Lomba lampion Meriahkan Malam Hari Raya Idul Adha 1438H
TRENDING :  Pengungsi di Balai Desa Jati Wetan Terus Bertambah


Karena tujuannya adalah sosialisasi, lanjutnya, selain membagikan stiker dan brosur, mereka juga melakukan dialog langsung dengan warga masyarakat. Contohnya seperti di Terminal Bus Induk, para mahasiswa Stikes Muhammadiyah itu mengajak dialog memberikan pemahaman kepada warga masyarakat, bahwasanya penyakit HIV-Aids bisa dicegah. “Dari dialog itu, masih cukup banyak warga masyarakat yang belum mengerti tentang penyakit HIV-Aids.”


Juga tentang adanya sebagian dari masyarakat yang menganggap HIV-Aids sebagai penyakit menular dan berbahaya, sehingga penderita penyakit itu dikucilkan dari pergaulan, tindakan seperti itu tidak benar . “Yang dijauhi itu bukan orang atau penderitanya, akan tetapi penyakitnya. Masyarakat bisa memberikan motivasi kepada penderita, karena masih ada harapan untuk diobati hingga sembuh.”
Sosialisasi itu dimulai sekitar pukul 08:00 WIB, berlangsung sekitar dua setengah jam, sampai sekitar pukul 11.30 WIB. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :