Hari ini 7 November Hari Wayang Sedunia

by
isknews

Semarang – Jumlah pegiat atau aktivis wayang di Jawa Tengah menurut Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo, tdak banyak. Bahkan sebagian besar masyarakat tidak peduli dengan budaya adiluhung yang sarat pesan moral dan nilai-nilai kebaikan ini.

“Menurut saya tidak banyak yang tahu kalau tanggal 7 November merupakan Hari Wayang Sedunia. Tapi apakah banyak yang peduli? Ndak yakin saya,” ujar gubernur saat memberi sambutan pada pembukaan Seminar Wayang Indonesia di Gedung Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, Sabtu (7/11).

Ganjar mengatakan, kalimat pada artikel di koran berjudul “Wayang dan Orang Jawa, yang ditulis dosen Sejarah Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Hery Priatmoko sangat menarik dan menyadarkan banyak pihak untuk peduli, menjaga, dan melestarikan budaya bangsa.

TRENDING :  Sisi Lain Dari Tradisi Dandangan, Antara Religiusitas Dan Bisnis

Ganjar menceritakan, pada alenia pertama tertulis ‘Barangkali dari kita tak banyak yang tahu, apalagi ambil peduli, Bahwa 7 November 2003 UNESCO telah mengakui warisan leluhur Indonesia ini sebagai warisan dunia. Bukannya anak negeri bangga, kenyataan di lapangan justru menunjukkan tak sedikit tunas muda mencemooh pertunjukan wayang kulit sebagai barang kuno, ketinggalan zaman, dan tidak menarik.’

TRENDING :  Sidang Penilaian ANDAL Pabrik Semen Rembang Di Warnai Walkout Dari Pihak Penggugat

KOMENTAR SEDULUR ISK :