Hari Ini Cuaca Kudus Lebih Panas, Fenomena Equinox Matahari Tepat Di Garis Khatulistiwa

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Hari ini Sabtu 23 September 2017, menurut Badan Meteorologi Dan Geofisika (BMKG) akan terjadi fenomena astronomi equinox.  Equinox adalah dimana posisi matahari tepat berada di garis khatulistiwa, yang  akan membuat suhu jadi lebih panas.

Dalam press releasenya seperti dilansir  laman  bmkg.go.id,  terkait dengan fenomena tersebut, menyatakan, Menanggapi beredarnya berita yang menyebutkan bahwa suhu udara di Indonesia dapat mencapa 40°C pada saat equinox, BMKG menyampaikan Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

Saat fenomena ini berlangsung, di luar bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan.

TRENDING :  Akhirnya Warga Kudus Yang Tenggelam di Pantai Bondo Di Temukan

Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36°C.

Equinox bukan merupakan fenomena seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

TRENDING :  BHRD Kudus Bakal Gelar Rukyatul Hilal Di Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :