Hari Ini Rapat Paripurna DPRD Kudus Tetapkan Dua Perda

Kudus, isknews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, Rabu (28/9), menggelar Rapat Paripurna, dengan acara laporan Komisi A DPRD Kabupaten, dilanjutkan mwnpenandatanganan berita acara Keputusan DPRD Kabupaten Kudus, tentang penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Kudus tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kudus, untuk ditetapkan Menjadi Peraturan Daerah (Perda) dan berita acara Persetujuan Bersama Bupati Kudus dan DPRD Kabupaten Kudus, tentang penetapan Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kudus, untuk ditetapkan menjadi Perda.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kudus Masan, didamping para wakil ketua. Hadir Bupati Kudus H Musthofa, unsur Forkompinda, kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan instansi, camat dan kepala desa, serta 30 dari 46 anggota dewan. Penandatangan berita acara Ranperda yang pertama dilakukan oleh Ketua DPRD Kudus Masan, karena penetapan Perda tersebut merupakan Keputusan DPRD Kabupaten Kudus. Sedangkan penandatanganan berita acara Ranperda yang kedua, dilakukan oleh Bupati Kudus H Musthofa dan Ketua DPRD Kudus Masan, karena Perda tersebut merupakan persetujuan bersama kedua unsur pimpinan daerah itu.

Jalannya rapat paripurna DPRD itu didahului oleh laporan Komisi A DPRD Kudus yang dibacakan oleh ketuanya, Mardiyanto. Laporan itu disampaikan dalam rangka pembahasan dua Ranperda tersebut di atas. Hasil pembahasan itu menyangkut adanya perubahan susunan daerah, diantaranya, bidang koperasi dan UMKM yang semula menjadi dengan Dinas Perdaganan, dipisah dan disatukan dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Sosnakertrans).

Bidang Perhubungan yang semula mejadi satu dengan bidang Komunikasi Informatika, berdiri sendiri menjadi Dinas Perhubungan, sedangkan bidang Kominfo menjadi Dinas Kominfo yang di dalamya membawahi bidang statistik dan bidang persandian, serta bidang sosial yang semula menjadi satu dengan Dinas Nakertrans, dpisah menjadi Dinas Sosial yang di dalamnya juga membidangi P3A dan pengendalian penduduk dan KB.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kudus APBD Harus Bermanfaat Sebesar-besarnya Untuk Memenuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Sedangkan yang tidak mengalami perubahan, diantarnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Ragdia (Disdikpora), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah. (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?