Hari ini Ribuaan pasang mata tertuju di Kecamatan Juana

image

Pati, Isknews.com Lintas Pati.
Hari ini Juana semarak, Hari ini Juana meriah dan Hari ini Pula tampak kemacetan menghiasi sudut-sudut jalan di Kecamatan Juana. Itu semua disebabkan karena kemeriahaan Lomban yang di slenggarakan Desa Bajomulyo Kecamatan Juana Kabupaten Pati, pada hari ini Minggu 17/07.

Berbagai pertunjukan dan kemeriahaan yang ditampilkan dalam acara tahunan tersebut, sehingga dapat membius jutaan pasang mata yang ingin menyaksikan acara yang paling sakral dan penuh nilai-nilai kearifan budaya lokal yaitu momen larung sesaji yang di buka secara langsung oleh Bupati Pati Haryanto.

image

Tak hanya itu, acara karnafal dan pawai kebudayaan pun ikut memerihakan dalam acara Lomban atau sedekah laut itu sendiri sehingga pengunjung yang datang dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Pati pun seperti tersihir oleh kemerihaan dan kebersamaan warga Kecamatan Juana dalam mengisi tradisi budaya tahunan tersebut.

TRENDING :  Jangan ada dusta diantara kita.,,,Begitu Ungkap Ketua P-Apdesi Kab. Pati

image

Lebih lanjut, masih seputar kecamatan Juana pula. ternyata tak hanya di Bajomulyo saja yang di penuhi penggunjung. nampaknya di Desa Langenharjo Kecamatan Juwana pun ada yang spesial. Pasalnya, dihari yang sama pula Desa Langenharjo juga ikut meramaikan acara pesta sedekah laut Juwana. dengan mengadakan karnaval yang di meriahkan oleh warga Langenharo dan kincir etan. Berbagai pertunjukan karnaval seperti dramband dan sebagainya yang mengambil rute start dimulai dari masjid Langenharjo kemudian ke Desa kincir etan selanjutnya finist di masjid langenharjo juga menjadi daya tarik tersendiri warga masyarkat yang menyaksikan.

TRENDING :  Libatkan Santri Anak Dibawah Umur Ratusan Umat Islam Pati Pendukung Fatwa MUI Turun Kejalan.

image

Beberapa pengunjung acara kemeriahkan semarak pesta sedekah laut Juana yang datang dari Desa Kuwawur Kecamatam Sukolillo Kabupaten Pati, Slamet dan kawan-kawan menceritakan Kepada Isknews.com Lintas Pati tentang rasa gembiranya bisa menyaksikan acara tahunan yang di selenggarakan warga warga Kecamatan Juana ini,

“Puas sekali bisa menyaksikan acara di juanan ini, sangat meriah sekali, tadai saya berangkat dari sukolilo jam 07.00 sampai di Juana malah sempat terjebak macet tapi semua itu terbayar lulas setelah menyaksikan kemeriaan sedekah laut yang dimeriahkan warga Juana ini, di tambah nanti ada orkes dangdut besar dari jawa timur jadi sekalian kami ingin nonton orkes dangdut idola kami.” Ujarnya. Tak hanya itu ia juga menambahkan,
“Harapan saya tradisi-tradisi budaya di Kabupaten Pati seperti Lomban atau sedekah Laut, Meron dan sebagianya bisa kita lestarikan bersama agar bisa menjadi aikon kota Pati yang patut kita banggakan.” pungkas Slamet kepada Isknews.com Lintas Pati.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post