Hari Ini Uji Coba Jalan Menara Kudus Dibuat Satu Arah Khusus Becak Wisata dari TBK

Hari Ini Uji Coba Jalan Menara Kudus Dibuat Satu Arah Khusus Becak Wisata dari TBK

Kudus, isknews.com – Jalan di sekitar Masjid Menara Kudus yang sudah selesai dipasang granit, langsung ditindak lanjuti oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus. Langkah yang dilakukan adalah uji coba rekayasa lalu lintas khususnya model angkutan (moda) wisata becak dan ojek yang melewati Jalan Menara Kudus, dibuat satu arah dari selatan ke utara. Uji coba itu dimulai Kamis (12/10).
Untuk pelaksanaan di lapangan dalam uji coba tersebut, Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kabupaten Kudus, mengerahkan 10 personil per hari, dipimpin langsung Kabid LLAJ Dishub, Putut Sri Kuncoro.

Menurut Putut, yang dihubungi isknews.com, saat memantau di perempatan Jalan Menara, terhitung mulai Kamis (12/10), Jalan Menara Kudus diberlakukan satu arah. Yakni becak wisata yang mengangkut peziarah dari Terminal Bakalan Krapyak (TBK) ke Makam Sunan Kudus, setelah masuk Jalan Sunan Kudus dari perempatan Jember, masuk ke Jalan Menara melalui perempatan Jalan Sunan Kudus. “Setelah masuk ke Jalan Menara, becak bisa menurunkan peziarah di muka Masjid Menara. Jadi peziarah tidak perlu berjalan jauh.”

Karena baru uji coba, lanjutnya, perlu ditempatkan sejumlah petugas, tujuannya selain menertibkan juga memberikan sosialisasi uji coba, baik kepada pengemudi becak dan pengojek, juga warga masyarakat yang biasa melintas di jalan kawasan Masjid Menara Kudus. Jumlah petugas DLLAJ yang diturunkan sebanyak 10 personil setiap hari, dibagi dua shift, pagi pukul 06:00 – 11:00 dan siang pukul 11:00 – 17:00. “Pembagian shift itu suatu saat bisa berubah, sesuai kebutuhan di lapangan.”

Mengenai penempatan petugas pun sudah dibagi di setiap pintu masuk menuju Kawasan Masjid Menara, yakni di pertigaan Polytron, perempatan sucen, pertigaan depan Masjid Menara dan perempatan Jalan Sunan Kudus. “Untuk awal pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini, setiap pintu masuk cukup satu personil. Namun masing-masing dibekali alat komunikasi, sehingga bisa saling menginformasikan dan saling membantu,” jelas Kabid LLAJ Dishub Kabupaten Kudus itu.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  HUT Bhayangkara Ke-71, Ada Lima Instruksi Untuk Anggota Polri

Share This Post