Hari Kunjung Perpustakaan, Upaya Dongkrak Minat Baca Masayarakat

Hari Kunjung Perpustakaan, Upaya Dongkrak Minat Baca Masayarakat
Pemberian Hadiah oleh narasumber kepada pemenang lomba dan pengunjung dan peminjam buku teraktif (9/11)
Pemberian Hadiah oleh narasumber kepada pemenang lomba dan pengunjung dan peminjam buku teraktif (9/11)

Kudus, Isknews.com – Puncak peringatan bulan kunjung perpustakaan kabupaten Kudus digelar hari Ini di halaman kantor perpustakaan dan arsip daerah (perpusarda) Rabu, (9/11). Acara yang sangat meriah ini dihadiri oleh Ribuan pengunjung dari berbagai sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA di Kudus.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Kudus Nanang Usdiarto MT saat di temui Isknews.com (9/11) mengatakan, “Hari ini adalah rangkaian puncak peringatan bulan kunjung yang digelar dengan berbagai acara, di mulai penampilan pra acara dari group rebana alkarnas, dan Almubarok dilanjutkan penampilan baca puisi oleh siswa yang sudah berpengalaman juara dan acara inti di mulai dengan penampilan tari jenang dari mahasiswa Universitas Muria Kudus, setelah itu diadakan talkshow dengan mengangkat tema “Mencegah Kenakalan Remaja Melalui Pemberdayaan Perpustakaan” Perpusarda mengundang langsung narasumber berkompeten, diantaranya kepala kantor perpustakaan Nanang Usdiarto MT, Budayawan Mukti Sutarman, dan Ka.Polsek Kota Rahmawati Tumulo, yang sempat memberikan himbauan kepada pengunjung.” Terangnya

TRENDING :  KPK Terbitkan Antologi Puisi ‘Bayang-bayang Menara’ di UMK

“Acara talkshow yang berjalan hangat ini terlihat dari antusias pengunjung dan juga kritisnya pe nanya pada sesi tanya jawab, di lanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba baca puisi, bercerita dan menulis tingkat SMP/SMA, selain itu juga ada pemenang lomba perpustakaan desa, dalam kesempatan itu pengunjung dan peminjam buku teraktif juga mendapatkan penghargaan,”ungkapnya

TRENDING :  SD N Pelemgede 03, Ikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten
Group band bernuansa kloes plus ikut memeriahkan jalan nya acara
Group band bernuansa kloes plus ikut memeriahkan jalan nya acara

Banyak rangkaian agenda dari kantor perpustakaan dan arsip daerah (perpusarda) dari bulan September, diantaranya mengadakan lomba bercerita, baca puisi, menulis artikel, dan lomba perpustakaan desa.

Dalam kalender nasional bulan kesembilan tersebut memiliki dua momen penting yaitu dijadikan sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan, Dua momen tersebut penting untuk mendongkrak minat baca buku masyarakat Indonesia.

Selain itu, Budayawan Mukti Sutarman dalam sambutannya mengatakan, “Minat masyarakat membaca buku masih rendah. Sebuah survei yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain yang bekerja sama dengan sejumlah peneliti sosial menempatkan Indonesia di peringkat 60 dari 61 negara terkait minat baca. Survei dilakukan sejak 2003 hingga 2014. Indonesia hanya unggul dari Bostwana yang berada di posisi 61. Sementara, Thailand berada satu tingkat di atas Indonesia, yakni posisi 59. Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan minat baca nomor satu sedunia.”Pungkasnya (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post