Hari Perempuan Internasional Di Peringati Hari Ini

Hari Perempuan Internasional Di Peringati Hari Ini

Kudus, isknews.com –  Pada setiap tanggal 8 MARET, dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Bagaimana awalnya dan kenapa pula diadakan hari peringatan ini? Dikutip dari wikipedia, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahun.

Memperingati Hari Perempuan Internasional jatuh pada 8 Maret 2016 Hari di mana para perempuan di seluruh dunia, memperingati keberhasilan dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, politik dan tentunya sosial.

Namun, mungkin belum banyak orang yang mengetahui jika Hari Perempuan Internasional ini lahir dari sebuah tragedi kekerasan. Gagasan tersebut lahir di Kota New York, Amerika Serikat pada 8 Maret 1857.

TRENDING :  Resepsi Peringatan Hari Kartini Ke-138 Tingkat Kabupaten Blora

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

TRENDING :  Hari Perempuan Internasional Diperingati 8 Maret Hari Ini

Peringatan Hari perempuan sempat ‘hilang’ pada masa 1910-20an. Peringatan ini baru kembali dihidupkan, berbarengan dengan bangkitnya feminisme pada era 60an. Di tahun 1974, PBB menyokong Hari Perempuan Internasional yang ditetapkan pada 8 Maret.

TRENDING :  Berbagai Acara Lomba Digelar Di Gebyar Kartini Kecamatan Undaan

Latar belakang tersebut hendaknya menjadi motivasi tersendiri bagi kaum perempuan. Khususnya di Indonesia, sebagaimana dulu bangsa ini memiliki Kartini sebagai tokoh emansipasi perempuan yang sudah selayaknya dilajutkan oleh generasi penerus hingga akhir zaman.

Selamat Hari Perempuan Internasional, semoga kaum hawa tidak lagi dibatasi dalam berkarya di bidang apapun. (Red)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post